Rekomendasi

MJI Usai Ditangkap Meninggal Dunia, Keluarga Pertanyakan Penyebabnya

Minggu, 12 Juli 2020 : 13.24
Published by Hariankota
SUKOHARJO -  Sempat mendapat perawatan intensif di salah satu rumah sakit Kota Semarang, MJI atau IA  (22) terduga jaringanh pelaku teror yang ditangkap di jalan Lurik, Ngruki, Cemani, Grogol Sukoharjo, Jum'at (10/7/2020) siang kemarin, akhirnya meninggal dunia.

Meninggalnya MJI ini menyisakan duka dan tanda tanya bagi keluarga yang ditinggalkan terkait penyebabnya. Diduga ia meninggal akibat luka tembak saat ditangkap oleh sejumlah orang. Besar kemungkinan yang menangkap anggota polisi dari Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror.

Sekretaris The Islamic Study and Action Center (ISAC), Endro Sudarsono yang ikut mendampingi keluarga ke Semarang menjemput jenazah MJI mengatakan, pihak kepolisian melalui Pemerintah Desa Cemani baru memberitahu pada Sabtu, (11/7/2020) malam tadi.

"Pada Jum'at kemarin, sesaat setelah ditangkap, MJI dibawa ke RS Bhayangkara Semarang lalu pada malam harinya sekira pukul 19.00 WIB dirujuk ke RS dr. Kariadi Semarang," tutur Endro menjelaskan kronologi meninggalnya MJI.

Hanya sehari dirawat di RS Karyadi, MJI akhirnya diberitahukan kepada keluarga, telah meninggal dunia pada Sabtu, malam sekira pukul 19.30 WIB.

"Dari pemberitahuan itu, kemudian kami mendampingi Bapak Kemis, orang tua MJI meluncur ke Polsek Grogol Sukoharjo menemui pihak yang menjemput keluarga ke Semarang. Penyerahan jenazah baru akan dilakukan Minggu pagi hari, jadi kami diinapkan semalam," ujar Endro.

Terkait kasus meninggalnya MJI, Endro mengatakan, pihak keluarga mempertanyakan belum adanya surat penangkapan untuk MJI, sehingga alasan resmi penangkapannya belum bisa dikonfirmasi.

"Kematian MJI perlu penjelasan medis dari rumah sakit, apakah akibat penembakan atau sebab lain," tegasnya kepada hariankota.com, Minggu, (12/7/2020).

Hingga berita ini ditulis, rombongan penjemput jenazah dari Semarang belum tiba di rumah kontrakan orang tua MJI di Ngruki, Cemani. Rencana, jenazah akan dimakamkan di Pemakaman Muslim, Polokarto, Sukoharjo.

"Ini masih di penginapan mas, nunggu info dari rumah sakit," pungkas Endro sekira pukul 10.35 WIB menjawab pertanyaan melalui sambungan telepon, kapan perkiraan jenazah sampai di Ngruki.

Jurnalis : Sapto Nugroho
Editor : Mahardika

Share this Article :