Rekomendasi

Pasca Pembubaran Gugus Covid, KNPI Minta Pemkab Bisa Libatkan Anggotanya

Sabtu, 25 Juli 2020 : 07.30
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia DPD KNPI Kabupaten Karanganyar-Jateng meminta pada Pemkab setempat untuk bisa melibat anggotanya seiring akan dibentuknya Satuan Tugas Satgas penanganan Covid di tingkat kabupaten.

Pembentukan Satgas tersebut merupakan tindak lanjut dari pembubaran Gugus Covid 19  nasional oleh Presiden Jokowi. Selanjutnya Presiden meminta masing-masing Pemda untuk membentuk Satgas sebagai wadah organisasi penanganan Covid.

Ketua KNPI Karanganyar Aan Shofanudin mengatakan mengingat secara aturan dari pemerintah pusat berikan ruang dimungkinkan unsur lainnya selain dari pemerintah. "Ini sifatnya permohonan karena saat ini Gugus Tugas Covid di Seluruh Indonesia sudah dibubarkan dan akan diganti dengan wadah baru" ujarnya.

Menurut Aan, secara kwantitas dan kwalitas KNPI memiliki banyak anngota  muda yang mumpuni dan komitmen terhadap kegiatan sosial. Apalagi secara organisasi keanggotan KNPI tersebar merata di 17 Kecamatan sehingga dari sisi kesiapan jelas lebih siap termasuki  kesiapan jika untuk keperluan sosialisasi. "Kami sudah kordinasi dengan 625 anggota KNPI terkait Covid" tandasnya.

Terpisah Bupati Karanganyar Juliyatmono usai Rapat Terbatas tentang Covid 19 di Rumah Dinas Rabu (22/07/2020)  menyatakan untuk sementara ini pihaknya belum membubuarkan tim Gugus Covid karena terkesan mendadak sehingga perlu dipikirkan dampaknya. "Untuk sementara waktu Gugus Covid di Karanganyar masih berjalan sambil berpikir membentuk wadah baru sebagai pengganti Gugus Covid" ujarnya.

Bupati menegaskan pihaknya terus mengikuti perkembangan mekanisme serta bentuk wadah pengganti Gugus Covid tingkat kabupaten. 

Sebab secara detail belum ada juklak juknisnya, yang terjadi adalah pembubaran terlebih dulu sedangkan wadah penggantinya belum siap. Di satu sisi perkembangan Covid di daerah bergerak dinamis. 

Reporter: Benny Suryono
Penulis: Benny Suryono
Editor: Gunadi


Share this Article :