Rekomendasi

Serahkan Kelengkapan Berkas, Tukang Jahit Penantang Gibran Optimis Lolos Ikut Pilkada

Minggu, 26 Juli 2020 : 20.58
Published by Hariankota
SOLO - Bakal pasangan calon perseorangan, Bagyo Wahyono - FX Supardjo (Bajo) optimis bakal lolos verifikasi dan maju sebagai penantang calon dari PDIP, pasangan Gibran Rakabuming Raka - Teguh Prakosa di Pilkada Solo 2020.

Hal itu dikatakan penanggungjawab tim pemenangan Bajo, Budi Yuwono saat menyerahkan berkas perbaikan dokumen sebanyak 21.063 dukungan kepada KPU Solo, Minggu (26/7/2020).

Pasangan calon walikota dan wakil walikota jalur perseorangan yang bakal jadi penantang putra presiden Joko Widodo (Jokowi) ini, sudah viral dikenal publik. Bagyo merupakan tukang jahit dan FX Suparjo hanya seorang Ketua RW.

"Kami disini untuk menyerahkan dukungan perbaikan sebagaimana telah kami ketahui saat verifikasi pertama ada TMS (tidak memenuhi syarat) sekitar 7.400 berkas dukungan," kata Budi.

Ia mengaku, kedatangannya di KPU telah membawa 21.063 berkas dukungan perbaikan dan tambahan agar dapat memenuhi syarat maju dalam Pilkada Solo 2020.

"Harapan kami setelah ini tidak ada perbaikan lagi, bisa ditetapkan sebagai daftar calon tetap (DCT) kepala daerah. Kami sudah siap bertarung dalam Pilkada Solo 2020 melawan Gibran-Teguh," tegasnya.

Informasi yang didapat hariankota.com, sebelumnya berdasarkan hasil rekapitulasi verifikasi dukungan yang dilakukan KPU Solo, jumlah pendukung Bajo yang dinyatakan memenuhi syarat baru 28.629 orang. Dari jumlah itu, maka pasangan Bajo masih kekurangan 7.400 suara dukungan.

Sesuai PKPU tentang syarat calon perseorangan, jumlah dukungan tambahan yang diserahkan tim paslon perseorangan Bajo ke KPU Solo agar bisa lolos maju pilkada minimal dua kali lipat dari jumlah kekurangan itu.

Nantinya berkas dukungan tambahan yang diserahkan Bajo akan melalui proses pengecekan dan verifikasi administrasi terlebih dulu. Setelahnya akan dilakukan verifikasi faktual terhadap pendukung yang berkasnya lolos tahap verifikasi administrasi.



Jurnalis : Sapto NugrohoEditor : Mahardika

Share this Article :