Rekomendasi

Si Merah, Sapi Kurban Iduladha Presiden Jokowi Untuk Masjid Agung

Jumat, 24 Juli 2020 : 16.09
Published by Hariankota
SUKOHARJO- Seperti tahun sebelumnya, momen Iduladha kali ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membeli sapi untuk kurban kepada seorang peternak di Desa Mranggen, Polokarto, Sukoharjo.

Sapi jenis Limosin yang diberi nama  "Si Merah” ini bobotnya sekira 1,03 ton. Harganya disebutkan sekira Rp. 90 juta.

Kuncoro sang pemilik sapi saat ditemui hariankota.com, meskipun enggan mengakui sapi miliknya dibeli presiden, namun ia menyebut, bahwa Si Merah akan dikirim ke Masjid Agung Solo. Usia sapi empat tahun tiga bulan.

Sebagai peternak sapi, Kuncoro membenarkan sering mendapat pesanan sapi dari orang yang sering diutus presiden Jokowi. Masing-masing tahun 2015, 2017, 2018, dan termasuk tahun ini menjadi keempat kalinya.

"Untuk mendapatkan bobot sapi hingga diatas satu ton, prosesnya sudah dimulai sejak bibit dengan memilih bibit yang bagus. Pola makan juga harus diperhatikan," jelasnya, Jum,at (24/7/2020). 

"Jenis pakan dan vitamin yang diberikan dua kali, pagi dan sore lebih banyak dibanding yang lain. Selain itu secara rutin setiap pagi juga di mandikan” ujarnya.

Terpisah, Ketua Assosiasi Peternak Sapi Indonesia (Aspin) Jawa Tengah, Suparno Aditya membenarkan bahwa Presiden Jokowi memesan sapi kurban salah satunya dari peternak di Polokarto, Sukoharjo.

"Sapi yang dari peternak Polokarto ini merupakan sapi persilangan Limosin dan Simental dengan berat 1.030 kilogram dengan harga sekira Rp. 90 juta," pungkasnya.



Jurnalis : Sapto Nugroho
Editor : Mahardika

Share this Article :