Rekomendasi

Akhirnya Gibran Bakal Dapat Penantang, KPU Putuskan Bajo Lolos Verfak

Jumat, 21 Agustus 2020 : 15.21
Published by Hariankota
SOLO - Setelah menggelar rapat pleno, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo menyatakan pasangan perseorangan, Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) lolos verifikasi faktual (Verfak).

Pantauan hariankota.com, pasangan yang dikenal didukung komunitas Tikus Pithi ini dipastikan berhak mendaftar sebagai peserta Pilwakot Solo pada awal September mendatang. Bajo bakal menjadi lawan pasangan Gibran Rakabuming Raka - Teguh Prakosa dari PDIP.

Lolosnya Bajo disampaikan Ketua KPU Solo Nurul Sutarti usai rapat pleno Rekapitulasi Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Solo 2020 Masa Perbaikan, di Hotel Swiss Bellin-Saripetojo, Purwosari, Solo, Jum'at (21/8/2020).

“Hasil rapat pleno rekapitulasi dukungan perbaikan independen tingkat kota, Bajo mendapatkan 10.202 syarat dukungan MS (memenuhi syarat),” kata Nurul.

Dijelaskan, pada Verfak tahap awal, pasangan Bajo sudah mengantongi 28.629 dukungan memenuhi syarat (MS). Dengan hasil akhir dukungan tahap perbaikan ini total Bajo mendapatkan 38.831 syarat dukungan MS.

“Jumlah tersebut sudah memenuhi syarat, karena ketentuan minimalnya 35.870 dukungan untuk calon independen bisa mendaftar sebagai calon di KPU tanggal 4-6 September nanti,” sebut Nurul.

Dari data sebaran 10.202 syarat dukungan tahap perbaikan dianggap memenuhi syarat (MS) di lima kecamatan. Yakni, Kecamatan Laweyan 877 syarat dukungan, Serengan 1.001 syarat dukungan, Pasar Kliwon 636 syarat dukungan, Jebres 5.143 syarat dukungan, dan Banjarsari 2.545 syarat dukungan.

“Dokumen berita acara hasil rapat pleno ini bisa dijadikan Bajo sebagai syarat pencalonan independen di KPU,” pungkasnya.



Jurnalis : Sapto Nugroho
Editor : Mahardika

Share this Article :