Rekomendasi

Didominasi Narkoba, Kejari Sukoharjo Musnahkan BB Perkara Berkekuatan Hukum Tetap

Kamis, 27 Agustus 2020 : 17.05
Published by Hariankota
SUKOHARJO -Berkekuatan hukum tetap atau inkrah, sejumlah barang bukti perkara di Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo dilakukan pemusnahaan dihalaman kantor Kejari setempat,Kamis (27/8/2020).

Pantauan hariankota.com, pemusnahan barang bukti selain dilakukan langsung oleh Kepala Kejari Sukoharjo, Tatang Agus Volleyantoro juga turut  dihadiri sejumlah pejabat antara lain Kapolres AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Kepala Kantor Kemenag, dan juga pejabat di lingkungan Pemkab Sukoharjo.

“Barang bukti yang kami musnahkan ini, khusus untuk perkara yang sudah selesai diputus atau inkrah,” terang Tatang.

Barang bukti yang dimusnahkan masing-masing narkotika jenis sabu sekira 126,3 gram, narkotika jenis pil ekstasi sekira 10,29 gram, narkotika jenis ganja 7,78 gram, alkohol sebanyak lima jerigen, hape berbagai merek 30 unit, timbangan digital 5 unit, dan 1.141 keping e-KTP.

"Pada kesempatan ini, kami juga memusnahkan minuman beralkohol dan rokok tanpa cukai berbagai merek sebanyak 298 koli. Untuk dua barang bukti itu, kami musnahkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah karena keterbatasan tempat pemusnahan di Kejari," jelasnya.

Barang bukti narkoba dimusnahkan dengan cara diblender, sedangkan BB lainnya dimusnahkan dengan cara dibakar. Untuk pemusnahan hape dan timbangan dihancurkan menggunakan palu.

Terkait banyaknya jumlah rokok ilegal yang berhasil disita, Tatang menyebut berasal dari wilayah Kecamatan Kartasura. Rokok ilegal semula akan dikirim ke luar pulau, diantaranya Sumatera.

“Kegiatan pemusnahan barang bukti seperti ini dilakukan rutin tiap tahun untuk perkara yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap,” pungkas Tatang.



Jurnalis : Sapto Nugroho
Editor : Mahardika

Share this Article :