Rekomendasi

Gibran Maju Pilkada Solo, Paspampres Ikut Berjaga

Rabu, 05 Agustus 2020 : 19.57
Published by Hariankota
SOLO - Gelaran Pilkada Solo Desember 2020 mendatang bisa dipastikan bakal menjadi paling berbeda dengan pilkada di daerah lainnya. Tak cukup hanya Polisi, pengamanan calon Walikota dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka juga melibatkan anggota Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres).

Informasi yang didapat hariankota.com, dalam pengamanan Pilkada Solo, polisi akan berkoordinasi dengan Paspampres lantaran sosok Gibran masuk dalam lingkup VVIP yang merupakan keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sesuai protokoler, dan standar operasional prosedur (SOP), pengawalan oleh Paspampres diatur di Peraturan Pemerintah No 59/2013.

Ada batasan - batasan yang tak boleh dilanggar oleh warga ketika berdekatan dengan keluarga RI 1. Jika ada yang dinilai sudah melampaui batas, Paspampres akan mengingatkan yang bersangkutan.

Namun, untuk pengamanan area dan lingkungan kegiatan Gibran sebagai Calon Walikota Solo, Kapolresta Solo Kombes Pol Andy Rifai menyatakan, adalah ranah Polresta Solo. Dimana saat ini sudah disiapkan personelnya.

"Sudah kita susun (untuk) bulan Agustus (ada) verifikasi faktual KPU untuk calon perseorangan tahap dua (lanjutan-Red), personel kita siapkan untuk penjagaan," jelas Kapolresta kepada awak media, Rabu (5/8/2020).

Menurutnya,  pengawalan Pilkada akan dilakukan sesuai tahapan yang disiapkan, dimana setelah Verfak tahap dua ada juga pendaftaran Calon Walikota Solo dan Wakil Walikota Solo pada bulan September nanti.

"Penjagaan nanti tidak hanya pada perkantoran saja namun personel dari KPU, Bawaslu dan Calon juga kami lakukan penjagaan. Ada tim pengawal dari kami," pungkas Andy yang tak lama lagi akan pindah tugas sebagai Kabid TIK Korps Brimob di Jakarta. 


Jurnalis : Sapto NugrohoEditor : Mahardika

Share this Article :