Rekomendasi

Gubernur Buka Pasar Gotong Royong Krama Bali

Sabtu, 29 Agustus 2020 : 00.20
Published by Hariankota
DENPASAR - Bank Indonesia Perwakilan Bali ikut serta  melaksanakan Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 15036 Tahun 2020 tentang Program Pasar Gotong Royong Krama Bali.

Ditindaklanjuti dengan serangkaian program pemulihan perekonomian Bali melalui bantuan wadah pemasaran produk pertanian dan UMKM.

“Kenapa kami bikin (Pasar Gotong Royong, red)? Karena kita melihat dampak adanya (pandemi, red) Covid-19 ini sudah sangat serius terhadap perekonomian masyarakat di Provinsi Bali. Tidak hanya di Bali, tapi juga di seluruh Indonesia dan dunia,” papar
Gubernur Bali Wayan Koster,   Jumat (28/8/2020).

Selama masa pandemi Covid-19, dari pertumbuhan ekonomi Bali yang negatif atau menunjukan angka minus pada triwulan pertama dan kedua tahun 2020.
Sebab 53 persen lebih kontribusi perekonomian Bali datang dari sektor pariwisata.

Namun dalam posisi pertumbuhan negatif itu, sektor pertanian justru menunjukan pertumbuhan positif meski sangat kecil.

"Artinya hasil-hasil pertanian kita itu masih terserap sedikit, karena memang orang masih butuh itu untuk hidup,” lanjutnya.

Kedepannya Pasar Gotong Royong Krama Bali mampu menjadi media yang membantu petani dan pengrajin dalam ikut memasarkan produk-produk mereka.

“Agar ada sarana untuk berjualan yang mempertemukan langsung antara produsen dengan konsumen,” paparnya.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bali Trisno Nugroho mengakui survei menunjukkan terjadi deflasi di Bali, karena permintaan yang lemah.

"Hal ini disebabkan produk lokal tak dibeli oleh industri perhotelan akibat dipicu tak adanya kunjungan wisatawan mancanegara," jelasnya.

Sehingga solusinya perlu mendorong masyarakat agar membeli produk pertanian dan UMKM lokal.


“Diharapkan dengan kegiatan ini yang rutin secara berkala, aktivitas ekonomi Bali dan juga UMKM dapat terus berjalan dan tetap menjaga kesadaran masyarakat di Bali,” pungkasnya.

Reporter: Made Sugandha
Penulis: Made Sugandha
Editor: Gunadi


Share this Article :