Rekomendasi

Kain Grinsing Bali Jadi Icon Uang Kertas Baru Rp.75 Ribu

Senin, 17 Agustus 2020 : 19.54
Published by Hariankota
DENPASAR - Patut dibanggakan kain pegringsingan khas Bali menjadi salah satu ikon dalam uang kerta Rp 75 ribu yang baru saja diluncurkan.
Gubernur Bali Wayan Koster memberikan apresiasinya.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Koster saat wawancara dengan awak media pada acara Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia secara virtual melalui aplikasi zoom, pada Senin (17/8/2020).

Dalam peluncuran uang baru yang dilakukan oleh Mentri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo itu, Gubernur Koster menyatakan kebanggaannya karena sekali lagi salah satu kerajinan khas Bali menjadi salah satu simbol mata uang Republik Indonesia.

“Ini merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan pada masyarakat Bali dari Pemerintah Pusat. Jadi pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terima kasiih dan apresiasi kepada Mentri Keuangan dan Gubernur BI,” ungkap Gubernur Koster. 

Gubernur juga  mengungkapkan bahwa makna dari mata uang RI yang baru diluncurkan ini sangat dalam. Diman dalam mata uang baru ini, tergambar pencapaian bangsa Indonesia selama 75 tahun kemerdekaannya.

"Demokrasi serta berbagai hasil pembangunan telah dicapai oleh bangsa ini,” jelasnya.

Gubernur juga sangat mengapresiasi pemilihan simbol-simbol pada mata uang ini yang mengedepankan Bhinneka Tunggal Ika sebagai falsafah pemersatu bangsa. Hal itu bisa dilihat dari berbagai kesenian serta kebudayaan dari masing-masing daerah dipadukan dalam selembar uang kertas.

“Kita sebagai bangsa Indonesia harus selalu ingat, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika serta UUD 1945 sebagai ideologi negara. Karena hal tersebut adalah pemersatu kita,” tegasnya.

Menurutnya hal tersebut adalah modal politik bagi Indonesia sebagai bangsa yang besar dan menjadi negara maju dan berdaulat sesuai cita-cita Bapak Pendiri Bangsa Ir. Soekarno.

"Dan tujuan pembanguan Presiden RI Joko Widodo yang senada dengan visi misi Pemprov Bali saat ini Nangun Sat Kerthi Loka Bali, menuju Bali Era Baru," tegasnya. 


Jurnalis : Made
Editor : Mahardika

Share this Article :