Rekomendasi

Masih Ada Kuota, Pendaftaran Bantuan Modal Usaha UMKM Diperpanjang

Jumat, 14 Agustus 2020 : 15.24
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Pemerintah kembali membuka pendaftaran tahap tiga permohonan bantuan modal usaha usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam melewati masa pandemi Covid-19. Bantuan modal usaha tersebut berupa uang tunai Rp 2,4 juta.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi (Disdagkop) dan UKM Sukoharjo, Sutarmo mengatakan, perpanjangan pendaftaran dilakukan lantaran kuota dari pemerintah pusat secara nasional belum terpenuhi.

“Pendaftaran tahap tiga bagi UMKM untuk program bantuan stimulus modal usaha kami buka hingga akhir Agustus ini. Atau akan ditutup jika kuota dari pemerintah pusat sudah terpenuhi," terang Sutarmo saat dihubungi hariankota.com, Jum'at (14/8/2020).

Dijelaskan, untuk tahap satu di Sukoharjo sudah menjaring sekitar 8 ribu pelaku UMKM, sedangkan tahap dua yang ditutup 10 Agustus lalu yang mendaftar ada sekira 20 ribu lebih.

"Pendaftaran tahap tiga dibuka karena UMKM yang berminat untuk program tersebut masih banyak. Dan kebetulan kuota dari pemerintah pusat sebanyak 12 juta baru terisi sekira 9 juta UMKM se -Indonesia," ungkapnya.

Untuk memenuhi kuota tersebut, sesuai instrukai pemerintah pusat, berapapun UMKM yang mendaftar akan diajukan untuk mendapat bantuan dengan catatan memenuhi syarat setelah dilakukan verifikasi lapangan.

“Peruntukannya masih sama, yang penting punya usaha dari berbagai bidang. Bisa bidang makanan, warung angkringan, jualan mainan, dan lainnya. Pokoknya semua jenis usaha bisa didaftarkan,” ujarnya.

Demikian pula cara mendaftarnya, disebutkan Sutarmo juga masih seperti sebelumnya. Bagi pelaku UMKM Sukoharjo yang ingin mendapat bantuan stimulus modal usaha bisa langsung mendaftar dengan mengisi data melalui link : https://forms.gle/6vYTezdivxi9yzb46.

"Sekali lagi, ini hanya sampai akhir bulan ini. Tapi kalau kuota di Kementrian Koperasi UKM RI telah mencapai 12 juta, maka pendaftaran langsung kami tutup atau tidak akan diproses untuk verifikasi," tandasnya,

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor; Rahayuwati

Share this Article :