Rekomendasi

Menpan RB Resmikan MPP ke 26 Di Indonesia, ke 4 Di Jawa Tengah

Sabtu, 29 Agustus 2020 : 00.17
Published by Hariankota
SOLO - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Jenderal Sudirman, Surakarta, pada Jumat, (28/8/2020).

Mall Pelayanan Publik di Solo ini merupakan MPP yang ke-26 yang sudah diresmikan oleh Menpan di Indonesia. Rencananya pekan depan Menpan juga akan meresmikan Mall pelayanan publik yang ke-27 di kabupaten Pandeglang.

"Untuk provinsi Jawa Tengah adalah Mal pelayanan publik yang keempat setelah Banyumas Batang Kebumen dan Solo," papar Tjahjo Kumolo.

MPP yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman No. 2 ini menyediakan 377 jenis layanan bagi publik berupa perizinan, pembuatan dokumen, hingga perpajakan dalam MPP.

Terdiri dari 184 pelayanan dari OPD Kota Surakarta, 177 pelayanan dari instansi vertikal, 11 pelayanan dari BUMN, dan empat pelayanan dari swasta.

Soft launching MPP yang berlokasi di kota berjuluk 'The Spirit of Java' tersebut telah diselenggarakan pada 17 Agustus 2020.

"Program MPP menjadi prioritas program Presiden Joko Widodo. Dan dalam empat tahun terakhir MPP sudah mulai diselesaikan, kuncinya di pemerintah daerah bagaimana mempermudah mengintegrasikan pelayanan," imbuhnya.

Sementara itu Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyebut  banyak inovasi pelayanan bagi masyarakat yang diluncurkan Pemkot Solo. Seperti  Solo Satu Data, Dijamin Sehat (Dispendukcapil, BPJS, dan DKK) untuk bantuan warga yang meninggal, Sultan Nikah Capingan (Konsultasi Pranikah Calon Pinanganten ) supaya calon kepala keluarga mampu melindungi, mengayomi istri, dan anaknya.

"Layanan administrasi di Kota Solo yang berbasis elektronik telah diakui secara nasional sebagai layanan yang cepat, tepat, dan mudah," tandas Walikota Solo.

Reporter: MG 1
Penulis: MG 1
Editor: Gunadi


Share this Article :