Rekomendasi

Musim Kemarau Rawan Karhutla, Polisi Patroli Bersama Perhutani

Selasa, 11 Agustus 2020 : 18.35
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Wilayah Kabupaten Sukoharjo bagian selatan, Weru dan Bulu merupakan salah satu wilayah yang kerap jadi langganan kekeringan saat musim kemarau. Akibatnya daerah perbukitan penuh hutan semak belukar tersebut rawan terjadi kebakaran.

Berbagai langkah dilakukan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), seperti dengan survey, penyuluhan, dan patroli seperti yang dilakukan Polres Sukoharjo, Kodim Sukoharjo dan instansi terkait bersama Perhutani KPH (Kesatuan Pemangkuan Hutan) Surakarta.

Mereka menggelar patroli di daerah yang rawan terjadinya kebakaran, salah satunya di Kecamatan Bulu. Tak hanya patroli, giat penyuluhan juga dilakukan sebagai langkah pencegahan terjadinya kebakaran.

"Kami melaksanakan kegiatan survey serta patroli bersama, sekaligus memberikan himbauan - himbauan kepada masyarakat disekitar hutan yang ada di wilayah Sukoharjo," kata Kapolres Sukoharjo, Bambang Yugo Pamungkas kepada hariankota.com, Selasa (11/8/2020).

Himbauan dimaksud, kata Kapolres berupa pemasangan spanduk peringatan tentang larangan membakar hutan, dan penyampaian pesan kamtibmas secara lisan secara door to door kerumah - rumah warga yang tinggal disekitar hutan.

"Kami sampaikan bahwa pembakaran hutan merupakan perbuatan tindak pidana berat. Para pelakunya dapat di kenai sanksi hukum. Oleh karenanya, kami berkomitmen penuh untuk mencegah karhutla dan akan menindak tegas pelaku pembakaran hutan," tegas Kapolres.

Sementara Kepala Kantor Perhutani KPH Surakarta, Sugi Purwanta mengapresiasi langkah - langkah pencegahan kebakaran hutan yang telah dilakukan oleh Polres Sukoharjo, Kodim Sukoharjo dan instansi lainnya.

"Perlu diketahui, lahan hutan yang kami kelola di wilayah Sukoharjo adalah seluas 374 hektar, dan ini merupakan hutan negara yang harus dikelola bersama agar memberi manfaat bagi masyarakat sekitar," ucapnya.

Dengan adanya kerjasama dalam pengawasan, Sugi pun berharap karhutla dapat dicegah agar tidak terjadi. Senada dengan Kapolres, KPH Surakarta juga berkomitmen mencegah karhutla sedini mungkin. 



Jurnalis : Sapto NugrohoEditor : Mahardika

Share this Article :