Rekomendasi

Rindu Kota Solo Damai, Sejumlah Elemen Bakal Gelar Aksi Besar

Selasa, 25 Agustus 2020 : 16.36
Published by Hariankota
SOLO - Aksi massa besar dengan peserta dari berbagai elemen lintas kultural, lintas budaya, lintas agama dan masyarakat marginal akan digelar untuk mengajak warga Kota Solo bersama - sama menciptakan iklim kondusif dan damai.

Aksi tersebut digagas berawal dari keprihatinan sejumlah tokoh masyarakat, salah satunya BRM Kusumo Putro yang resah atas dinamika yang terjadi akhir - akhir ini. Kota Solo sering dijadikan jujugan sejumlah kelompok menggelar unjuk massa.

"Kenapa mesti memilih Kota Solo sebagai tempat unjuk massa, ini bikin gaduh. Oleh karenanya kami akan menggelar aksi damai secara besar dengan peserta dari berbagai elemen Kota Solo," kata Kusumo kepada hariankota.com, Selasa (25/8/2020).

Setelah menggelar pertemuan dengan masing - masing elemen dan dicapai kesamaan pendapat, aksi damai berupa orasi dan jalan kaki atau longmarch dari Ngarsopuro menuju titik akhir di bundaran Gladak akan dilaksanakan pada, Minggu (30/8/2020) mendatang.

"Peserta aksi adalah gabungan berbagai elemen masyarakat yang peduli dengan budaya yang ada di Kota Solo. Kami sepakat namanya Barisan Solidaritas Masyarakat Surakarta Untuk Indonesia," terang Kusumo

Tidak seperti pada umumnya aksi massa yang kerap dilakukan, kali ini, aksi akan diisi sejumlah atraksi seni budaya, diantaranya seni Reog Ponorogo. Hal ini semata ingin menunjukkan bahwa warga Kota Solo memiliki adab dan berbudaya.

"Saya pribadi dan warga Kota Solo lainnya sepakat tidak ingin melihat kota tempat kelahiran kami diacak-acak demi kepentingan politik kelompok tertentu yang cenderung memecah belah," tegasnya.

Dengan aksi damai nanti, menurut Kusumo, pihaknya ingin menunjukkan bahwa warga Kota Solo pada umumnya sangat menentang segala bentuk gerakan yang merusak kehormatan Kota Solo.

"Saat ini banyak warga yang sedang susah cari makan. Lha kalau kondisi yang serba susah ini malah dikotori dengan aksi-aksi tidak simpatik, yang merusak kerukunan. Lalu bagaimana warga bisa bekerja dengan tenang," imbuhnya.

Ditegaskan Kusumo, bahwa aksi damai yang akan digelar nanti sama sekali tidak terkait kepentingan politik apapun didalamnya. Aksi damai dilakukan semata - mata karena terdorong rasa keprihatinan bersama.

"Ini aksi damai, tidak ada embel-embel politik atau dukung mendukung secara politik. Yang ada, kami akan menunjukkan bahwa masyarakat Solo berbudaya. Semua warga Solo yang peduli boleh ikut. Silahkan jika mau datang," pungkasnya.




Jurnalis : Sapto Nugroho
Editor : Mahardika


Share this Article :