Rekomendasi

Sepi Kegiatan HUT RI Ke-75, Warga Pilih Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa

Rabu, 12 Agustus 2020 : 17.14
Published by Hariankota
SUKOHARJO- Sebuah bendera merah putih berukuran besar, 12 x 16 meter dikibarkan ditengah kebun kosong oleh warga Dukuh Jarak, Tanjung, Nguter, Sukoharjo. Aksi pengibaran bendera dalam rangka memperingati HUT RI ke- 75.

Tidak seperti tahun sebelumnya, kali ini hampir bisa dipastikan tak ada keramaian berupa lomba - lomba maupun karnaval. Wabah Covid-19 telah merubah tradisi keramaian yang biasa digelar warga.

Pengibaran bendera raksasa sengaja dilakukan sebagai upaya menanamkan jiwa cinta tanah air kepada warga desa, dengan cara sederhana tanpa melibatkan jumlah massa besar.

“Tahun ini tidak ada tirakatan, upacara bendera dan lomba-lomba yang biasanya mewarnai kegiatan HUT Kemerdekaan karena ada pandemi korona," kata Kades Tanjung, Edy Nuryanto, kepada hariankota.com usai pengibaran bendera, Rabu (12/8/2020).

Ide spontan warga ini, disebutkan Edy juga didukung oleh Museum Jawi yang ada di Desa Tanjung. Pengibaran bendera raksasa dilakukan sejumlah warga dengan cara ditambatkan di pohon Jati.

“Jadi meski ada pandemi virus corona, warga tetap bisa membuat kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pakai masker dan jaga jarak agar aman,” ujarnya.

Sementara koordinator aksi pengibaran bendera, Bimo “Kokor” Wijanarko mengatakan, tujuan utama dari kegiatan adalah untuk memompa semangat nasionalisme warga di tengah pandemi.

"Rencananya, bendera raksasa ini nanti akan dikibarkan di puncak Gunung Sepikul di Kecamatan Bulu, besuk Sabtu (15/8/2020) mendatang," pungkasnya. 


Jurnalis : Sapto NugrohoEditor : Mahardika

Share this Article :