Rekomendasi

Serentak, Tokoh Masyakarat Solo Raya Ikut Deklarasikan KAMI

Selasa, 18 Agustus 2020 : 18.22
Published by Hariankota

SOLO - Bersamaan dengan acara di Jakarta,  sejumlah tokoh masyarakat Solo Raya juga ikut menggelar deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan indonesia di Hotel Riyadi Palace, Solo, Selasa (18/8/2020).

Pantauan hariankota.com, sebelum acara puncak berupa pembacaan deklarasi, sejumlah tokoh secara  bergiliran menyampaikan orasi mewakili tiap elemen yang hadir.

Sedikitnya ada 10 poin yang dibacakan dalam deklarasi yang disebutkan merupakan jatidiri KAMI, diantaranya KAMI adalah gerakan moral rakyat Indonesia dari berbagai elemen dan komponen yang berjuang bagi tegaknya kedaulatan negara.

KAMI berjuang dan bergerak untuk melakukan pengawasan sosial, kritik, kkoreksi dan meluruskan kiblat bangsa dengan berbagai cara sesuai konstitusi. Baik melalui edukasi, advokasi, maupun cara pengawasan sosial, politik moral, dan dialogis persuasif, dan efektif.

Ditegaskan, KAMI mempunyai pandangan dan sikap resmi, yaitu yang disepakati secara tertulis oleh Dewan Deklarator.
Diluar itu merupakan pandangan dan sikap pribadi deklarator, atau jejaring pendukung KAMI.

Ketua Panitia Deklarasi KAMI Solo Raya, Shobbarin Syakur menyampaikan, diantara tokoh yang hadir dari Solo Raya, diantaranya Ketua Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS), Ustad Mu’inudinillah Basri, tokoh pergerakan Usman Amirudin,  dan Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Jateng, Ustadz Aris Munandar.

"Ini yang kami undang adalah elemen  dari organisasi dan LSM, termasuk yang lintas agama. Masing - masing ada koordinatornya. Kami berterima kasih ternyata yang hadir cukup banyak. Dari lintas agama selain Islam, ada perwakilan Buddha dan Khatolik. Yang lain pamit karena kebetulan berbarengan ada acara lain," tuturnya.

Dalam acara deklarasi KAMI Solo Raya yang dihadiri sekira 150 orang ini, juga dilaksanakan kegiatan menyaksikan deklarasi KAMI yang di gelar di Jakarta yang dimotori oleh mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin melalui siaran live video streaming zoom. 

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Jumali


Share this Article :