Rekomendasi

Tak Mau Diperdaya Covid, Kerinduan Warga Ngringo Untuk Lomba Mainan Tradisional Kesampaian Juga

Minggu, 23 Agustus 2020 : 19.29
Published by Hariankota
KARANGANYAR- Karena alasan Covid 19 banyak kampung dan desa di Soloraya banyak yang melakukan penyederhanaan kegiatan pesta memperingati kemerdekaan pasca HUT RI ke 75, namun tidak demikian dengan warga Desa Ngringo-Jaten-Karanganyar.

Warga RW 15 Desa Ngringo ngotot  menggelar aneka perlombaan tradisional yang sudah lama dirindukan. Bahkan para orang tua pun rindu dan terlibat aktif mengikuti kegiatan tersebut.

Tak pelak seru lucu perlombaan membuat ratusan warga terkocok perutnya. Inilah potret tradisional kerinduan warga yang tidak mau didikte oleh Covid 19 karena bagi warga Ngringo kemerdekaan itu lebih utama daripada ditakut-takuti Covid tanpa tahu kapan berakhirnya.

Ketua Rw 15 Desa Ngringo Hendratno Widiatmanto mengatakan pihaknya tak kuasa membendung kerinduan warga mengapresiasi kemerdekaan.  "Kelihatannya sepele lomba mainan tradisional tapi justru itulah yang dirindukan warga"ujarnya.

Untuk itu warga sepakat swadaya lakukan perlombaan tradisional. Diantaranya lomba makan kerupuk untuk anak-anak serta lomba memasukkan pulpen kedalam botol untuk kategori ibu-ibu.

Tak pelak, gerr ratusan warga tertawa senang dan merasa puas begitu perlombaan digelar. "Anda bisa saksikan sendiri kepuasan kemerdekaan itu sederhana hanya dengan mainan tradisional" ujarnya.

Sebagai pelengkap, warga juga menggelar senam bersama serta pentas musik. Sedangkan pagi hari sebagai wujud sakral merdeka, warga menggelar upacara bendera massal diikuti ratusan orang yang dihadiri pula oleh Ketua DPC Pemuda Pancasila Karanganyar Disa Ageng Aliven serta Anggota Fraksi PDIP DPRD Karanganyar Suprapto.

Namun meski demikian panitia tetap menerapkan protokol kesehatan menyediakan air dan sabun serta hand sanitazer. "Warga menyadari mampu membedakan antara menjaga diri dari Covid serta tetap mengisi kemerdekaan"

Sementara itu Disa Ageng Aliven yang memimpin upacara bendera merasa haru dengan komitmen warga terhadap kemerdekaan meski ditengah pandemi. "Ini contoh rakyat yang patriotis " ujarnya.

Anggota Fraksi PDIP DPRD Karanganyar  Suprapto juga mengaku bangga dengan semangat warga Ngringo. "Kami bangga dan hormat terhadap warga Ngringo" ujarnya.

 Kali ini Disa dan Suprapto berikan sedikit bantuan sekedarnya sebagai bentuk kepedulian terhadap kemerdekaan.

Jurnalis : Benny Suryono
Editor : Mahardika

Share this Article :