Rekomendasi

Awas! Abai Protokol Kesehatan di Kota Solo Bakal Kena Sanksi Bersihkan Sungai

Kamis, 10 September 2020 : 18.09
Published by Hariankota

SOLO - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bersama Polisi dan TNI secara resmi akan menerapkan sanksi tegas berupa bersih - bersih sungai bagi warga tak patuh protokol kesehatan, khususnya menggunakan masker saat berada di luar rumah.

Pantuan hariankota.com, hal itu disampaikan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo disela kegiatan pembagian masker secara serentak, sekaligus kampanye jaga jarak, dan hindari kerumunan di Pasar Gede, Solo, Kamis (10/9/2020).

"Sanksi ini tak hanya diterapkan bagi warga biasa. Namun bagi siapa saja yang tak menggunakan masker. Termasuk para pejabat teras Kota Solo, TNI/Polri, pengurus parpol, pengusaha, hingga Paslon yang akan maju di Pilkada," tegasnya.

Menurutnya, ancaman sanksi telah tertuang dalam intruksi Walikota yang baru saja ditandatanganinya. Bagi warga yang kedapatan tak menggunakan masker saat operasi Yustisi, diwajibkan membersihkan sungai dan selokan selama 15 menit.

"Mulai nanti sore (instruksi walikota) bagi seluruh masyarakat, tanpa terkecuali apabila pada saat operasi yustisi ada yang tidak menggunakan masker, akan kena sanksi," ujarnya.

Mengingat temuan kasus positif virus masih terus menunjukkan angka tinggi, maka Rudy pun siap untuk memberi contoh kepada masyarakat, jika dirinya tak pakai masker juga akan menerima sanski tersebut.

"Nanti kalau saya pun pas Pak Kapolres operasi dengan Satpol PP, Dishub dan Linmas, saya tidak menggunakan masker, ya, saya pun wajib membersihkan drainase dan sungai selama 15 menit," ujarnya.

Ditambahkan, bagi yang tak jera dan mengulangi lagi tidak menggunakan masker dan kembali terjaring operasi Yustisi, maka sanksi membersihkan sungai berlipat menjadi dua kali 15 menit, yakni 30 menit dan seterusnya.

"Kalau nanti terkena razia lagi, ditambah berlipat dan seterusnya. Mereka yang ditangkap akan dikumpulkan dulu di Mako Satpol PP baru kemudian dibawa bareng - bareng masuk kali (sungai-Red)," pungkasnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi


Share this Article :