Rekomendasi

Gubernur Minta UNUD Makin Berperan dalam Pembangunan Bali

Rabu, 30 September 2020 : 00.03
Published by Hariankota
DENPASAR - Gubernur Bali Wayan Koster mengajak civitas akademika Universitas Udayana (UNUD) untuk semakin berperan serta, berkontribusi terhadap pembangunan Bali sesuai dengan visi misi Pemrprov Bali ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana (PPSB) Menuju Bali Era Baru’.

Saat memberikan sambutan dalam Sidang Terbuka Senat Peringatan Dies Natalis ke-58  Universitas Udayana, Gubernur Bali Wayan Koster secara virtual berpesan mengajak segenap perguruan tinggi untuk bahu membahu bersatu dalam mewujudkan SDM Bali yang unggul.

"Mendukung visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali mengembangkan sumber daya manusia (SDM) berdaya saing tinggi, yaitu berkualitas dan berintergritas, bermutu, profesional dan bermoral serta memiliki jati diri yang kokoh berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal krama Bali," papar Koster.

Gubernur Koster juga mengapresiasi bahwa selama ini  bisa terus bekerjasama, konsisten untuk saling menghormati dan berkomitmen untuk memajukan pendidikan di Pulau Dewata.

"Kita bersama ingin mewujudkan Bali yang kawista, gemah ripah loh jinawi tata tentrem kerta raharja. Suatu tatanan kehidupan baru yang holistik yang mencakup tiga dimensi,” imbuh Koster.

Universitas Udayana (UNUD) yang merupakan kampus tertua dan terbesar di Pulau Dewata ini menggelar Peringatan Dies Natalis ke-58 Universitas Udayana dengan tema ‘SDM UNUD Unggul, Mandiri, dan Berbudaya dalam Tatanan Kehidupan Baru’ juga dihadiri Ketua DPR RI Puan Maharani.

Dalam orasi ilmiahnya Puan  mengatakan bahwa sumber daya manusia yang berkarakter dan tangguh adalah kunci bagi Indonesia untuk dapat melalui berbagai tantangan.

"Pembentukan SDM berkarakter dan tangguh itu harus didukung pendidikan yang diarahkan membentuk SDM berakhlak mulia, berbudaya Indonesia, toleran, bergotong royong, cinta Tanah Air, dan menguasai iptek," papar Puan.

Sementara itu Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. dr. A.A Raka Sudewi, Sp.S (K) sebelumnya menjabarkan sejarah dan pencapaian UNUD selama 58 tahun ini. Sebagai universitas tertua di Bali, ia mengatakan berbagai program yang bertujuan untuk mencetak SDM unggul di Bali telah dilakukan.

"Termasuk menjalin kerjasama dengan universitas maupun pemerintah khsusnya Pemprov Bali telah berlangsung selama ini. Salah satunya dalam penanggulang penyebaran Covid-19 di Bali," ungkap Rektor UNUD.

Dimana Rumah Sakit PTN UNUD telah menjadi salah satu rumah sakit rujukan Covid-19, dan telah berkontribusi dalam penanggulangan pandemi ini di Bali.

"Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Bali khususnya pada Gubernur Bali terhadap bantuan dana dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Bantuan tersebut telah dialokasikan di bidang pendidikan, yaitu untuk memberikan keringanan UKT bagi mahasiswa terdampak serta untuk menambah fasilitas kesehatan bagi pelayanan pasien Covid-19 di RS Universitas Udayana,” pungkasnya.



Jurnalis : Gen
Editor : Mahardika

Share this Article :