Rekomendasi

ITS Luncurkan Kapal Autonomous Tanpa Awak

Selasa, 29 September 2020 : 20.39
Published by Hariankota
Foto Istimewa
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub)  Budi Karya Sumadi mengapresiasi dan menyambut baik inovasi yang dihadirkan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS).  Terlebih inovasi tersebut  diciptakan dalam kondisi pandemik Covid-19. 

Sebagaimana diketahui ITS membuat terobosan baru berupa inovasi Kapal Autonomous atau ITS Autonomous Boat (I Boat). Menurut Menhub Budi, sudah saatnya Indonesia menguasai teknologi maritim karena Indonesia memiliki potensi maritim yang sangat besar. Dan 66 persen dari luas wilayah Indonesia adalah lautan.

"Pandemi Covid-19 membuat kita dihadapkan pada situasi yang tidak menentu dan tidak jarang mengurangi produktivitas kita. Sebaliknya, akademisi ITS justru tetap dapat berkreasi dan mengembangkan Kapal Autonomous atau I-Boat, ini membuktikan bahwa karya anak bangsa tidak kalah dari negara lain yang bisa memberi sumbangsih bagi pengembangan maritim Indonesia," ujar Menhub Budi saat soft launching secara virtual, Selasa (29/9/2020).

Lebih lanjut Menhub Budi menyampaikan komitmennya untuk selalu mendukung inovasi anak negeri, termasuk yang datang dari ITS. Terlebih jika inovasi tersebut memiliki dampak nyata bagi pengembangan transportasi di tanah air.

"Saya mengapresiasi kerja keras ITS dalam karyanya membuat Kapal Autonomous ini dan juga menghimbau kepada pihak swasta, masyarakat, media bahwa karya seperti ini harus kita dukung, hargai, beri ruang, dan kita gunakan untuk kemajuan bangsa dan negara kita," ucapnya.

Menhub Budi juga mengajak semua pihak khususnya perguruan tinggi, pelaku usaha, pemerintah dan komunitas untuk berkolaborasi agar hilirasi produk inovasi seperti yang diciptakan ITS dapat berjalan dengan lancar. Hilirisasi sangatlah penting, agar produk inovasi ini tidak berhenti di kampus, melainkan dapat dimanfaatkan masyarakat secara lebih luas.

Menhub juga mengingatkan bahwa di tingkat Pendidikan Tinggi, inovasi menjadi sangat penting jika Indonesia ingin memenangkan kompetisi di masa depan. ITS telah menjalankan tugasnya dengan baik, melalui inovasi dan pembangunan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, dan terbukti telah memberikan kontribusi yang luar biasa bagi bangsa dan negara.

Kapal Autonomous yang dikembangkan oleh ITS ini akan menjadi satu terobosan dalam transportasi logistik dan transportasi dalam kondisi bencana, karena dapat menjangkau daerah-daerah yang sulit diakses oleh kapal berawak.

Berikut kecanggihan kapal mini ini :

1. Kapal ini dilengkapi teknologi GPS, dilengkapi teknologi kamera, dilengkapi dengan big data, dilengkapi dengan artifisial intelijen. Sehingga kapal ini mempunyai kemampuan untuk datang menuju ke satu titik secara akurat, dengan memperhatikan lingkungan, disimpan. Kemudian secara artifisial intelijen kapal ini bisa mengolah.

2. Kapal ini bahkan bisa mengetahui secara otomatis jika ada halangan yang menghadang di depan jalur kemudi. Dengan kecanggihan teknologi ini, I Boat bisa dimanfaatkan dalam kondisi darurat, baik untuk rescue, darurat jika ada bencana, dalam kondisi emergency, menjemput ke kapal di satu tempat atau sebaliknya mengirim.

3. Kapal ini juga bisa untuk distribusi logistik ke daerah terisolir. Seperti mengirim logistik untuk pulau-pulau pada saat badai atau cuaca buruk dimana pulau-pulau yang dalam kondisi demikian akan terisolasi. 



Jurnalis : Jum
Editor  : Mahardika

Share this Article :