Rekomendasi

Jadi PTS Pertama di Jateng, UMS Dapat Ijin Kemendikbud Buka Prodi S3 Pendidikan

Senin, 07 September 2020 : 16.54
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Setelah berproses lama, akhirnya Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mendapat ijin Kemendikbud membuka Program Studi (Prodi) Program Doktor (S3) Pendidikan.

Melalui launching yang dihelat secara daring di Gedung Moh Djazman kampus setempat, Senin (7/9/2020), Rektor UMS Sofyan Anif menyampaikan, dengan diterimanya SK Kemendikbud, maka UMS jadi memiliki 3 prodi untuk jenjang doktor.

"Sebelumnya ada Prodi Ilmu Hukum dan Prodi Pendidikan Agama Islam, kini menyusul Prodi Pendidikan. Prodi baru ini jadi pembuktian bahwa UMS mampu mengembangkan keilmuan hingga jenjang doctoral kependidikan," katanya.

Pantauan hariankota.com, UMS resmi membuka Prodi Pendidikan Program Doktor setelah mengantongi SK ijin Operasional dari Kemendikbud RI Nomor 760/M/2020 yang diserahkan Ketua LLDIKTI Wilayah VI Jateng, DYP Sugiharto dalam launching ini.

“Program doktor dalam bidang ilmu pendidikan memberikan solusi dari berbagai persoalan pada bangsa. Apalagi cita-cita negara Indonesia tahun 2045 nanti akan menjadi salah satu dari 8 negara terkuat dalam bidang pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Dituturkan, pengajuan prodi S3 Pendidikan kurang lebih sudah dilakukan sejak 5 tahun lalu. Dan saat ini merupakan satu - satunya prodi yang dimiliki PTS di Jateng. Bertambahnya prodi baru ini, maka UMS genap memiliki 60 Prodi dari 12 Fakultas.

Atas klaim itu, DYP Sugiharto juga membenarkan, jika UMS menjadi PTS pertama di Jateng yang memiliki Prodi S3 Pendidikan sekaligus menjadi PTS kedua di Indonesia yang memiliki prodi tersebut.

"Prodi ini sangat strategis. Nomenklaturnya langsung berupa pohon ilmunya, bukan cabangnya. Maka disiapkan cabang-cabang yang namanya konsentrasi. Masukan saya, konsentrasinya nanti salah satunya adalah Manajemen Pendidikan Tinggi. Kalau yang lainnya masih makro, yakni manajemen pendidikan,” pungkasnya.



Jurnalis : Sapto Editor : Mahardika

Share this Article :