Rekomendasi

Jaga Eksistensi Budaya Kota Solo, Solo Hebat di Dukung Seniman dan Budayawan

Kamis, 03 September 2020 : 08.17
Published by Hariankota
SOLO - Gandeng sejumlah seniman dan budayawan Relawan Solo Hebat, komunitas pendukung Gibran Rakabuming Raka - Teguh Prakosa ingin menunjukkan jatidiri Kota Solo sebagai kota budaya yang kaya nilai adiluhung.

Beragam corak budaya dan seni yang ditampilkan dalam pentas ini antara lain gadon siter, seni tari modern, pameran handycraft hingga ketoprak. Pentas ini sekaligus menandai berdirinya posko Relawan Solo Hebat di Jalan Ki Mangun Sarkoro 43, Kelurahan Nusukan, Banjarsari.

Stevanus Gusma, pelaksana acara dari Solo Hebat sebut pihaknya bersama seniman, budayawan Kota Surakarta, komunitas sanggar tari kelompok milenial yang modern berupaya untuk mengangkat icon Solo sebagai Kota budaya Solo.

Stevanus menambahkan nantinya pesan aspirasi dari para seniman dan budayawan ini bisa tersampaikan dengan baik bisa-bisa kebijakan ke depan terobosannya kepada kota Solo Semakin menjadi ikon budaya nasional internasional.

"Misalkan bagaimana memperhatikan para seniman budayawan kemudian manfaat perajin perajin tradisional batik," papar Stevanus Gusma, Rabu (2/9/2020).

Koordinator Relawan Solo Hebat, Magda Blegur, menambahkan
Bagi Indonesia, Solo adalah kota budaya. Solo adalah situs peradaban yang menularkan berbagai nilai universal melalui bermacam instrumen pertunjukan seni dan sastra ke seluruh Nusantara.

"Karenanya Relawan Solo Hebat ingin menularkan warisan budaya ini kepada generasi muda, sebagai salah satu upaya untuk merawat identitas Kota Solo," papar Magda.

Magda menyebut pentas ini menunjukkan konsistensi Relawan Solo Hebat mengawal kemenangan pasangan Gibran-Teguh dengan cara yang santun dan elegan.

"Karena pendekatan kebudayaan tak kalah penting sebagai upaya untuk mempertahankan jatidiri Kota Solo," pungkasnya.

Reporter: Dya
Penulis: Dya
Editor: Gunadi

Share this Article :