Rekomendasi

Lima ASN Sukoharjo Positif Covid-19, Layanan Publik Tetap Berjalan

Senin, 07 September 2020 : 16.17
Published by Hariankota
SUKOHARJO- Sedikitnya lima Aparat Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemkab Sukoharjo yang berkantor di Gedung Menara Wijaya terkonfirmasi positif Covid-19. Satu diantaranya Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) yang baru saja dilantik.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Yunia Wahdiyati menyampaikan, lima ASN terkonfirmasi positif tersebut saat ini, empat orang sudah karantina mandiri, sedangkan satu orang dirawat di sebuah rumah sakit swasta di Sukoharjo.

"Lima ASN ini terkonfirmasi positif setelah menjalani uji swab test kemarin. Dari temuan ini, kami langsung melakukan tracing mencari kontak erat di lingkungan keluarga dan teman dekat kasus," kata Yunia saat dihubungi hariankota.com, Senin (7/9/2020).

Meskipun begitu, Yunia mengatakan belum ada rencana melakukan penutupan operasional Gedung Menara Wijaya tempat Pj Sekda tersebut bekerja. Dalam hal ini, DKK fokus melakukan tracing kasus secara bertahap. Jika ditemukan kasus positif baru, kemudian melangkah ke lini berikutnya.

"Langkah yang kami lakukan dari hasil kasus positif ini, kami memfilter berurutan mulai dari lini satu kontak erat. Bila hasilnya positif, maka bergerak ke lini berikutnya. Jadi tidak harus langsung melakukan penutupan lokasi tempat kerja," tegasnya.

Ditambahkan, sesuai target penanganan dan pencegahan wabah corona di Sukoharjo berdasarkan total jumlah penduduk, perminggu DKK melakukan PCR test terhadap sekira 1.000 orang, dibagi menjadi tiga tahap.

"Sampai saat ini baru tercapai sekira 50 %. Karena kami baru bergerak pada penelusuran kasus - kasus konfirm positif. Jadi belum sampai pada uji test massal. Kendalanya pada ketersediaan bahan uji medis dan kemampuan uji laboratorium," pungkas Yunia.


Jurnalis : Sapto Nugroho
Editor : Mahardika


Share this Article :