Rekomendasi

Melalui Utusan, Muldoko Apresiasi Berdirinya HKTI Cabang Sukoharjo

Sabtu, 19 September 2020 : 16.28
Published by Hariankota


SUKOHARJO- Ketua Umum DPN Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Moeldoko melalui utusannya, Ginting menyampaikan apresiasi atas terbentuknya pengurus HKTI Cabang Kabupaten Sukoharjo periode 2020-2025 yang dipimpin Wakil Bupati Sukoharjo, Purwadi.

"Pertanian di Sukoharjo ini sudah terkenal memiliki sumber daya luar biasa, salah satunya Sungai Bengawan Solo," kata pria yang membidangi Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi (OKK) DPN HKTI saat menghadiri pelantikan pengurus HKTI tingkat kecamatan di tiga wilayah, Weru, Tawangsari dan Bulu, Sabtu (19/9/2020).

Apresiasi disampaikan lantaran dalam waktu relatif singkat, Purwadi dibantu sejumlah pengurus lainnya mau bersusah payah mengorganisir terbentuknya HKTI Cabang Sukoharjo. Tidak hanya sampai tingkat kecamatan, namun juga merambah sampai tingkat desa.

"Itu sangat luar biasa, dalam waktu yang secepat ini.  Oleh karenanya ini akan menjadi laporan saya kepada Pak Moeldoko langsung," kata Ginting kepada hariankota.com usai pelantikan.

Mengingat saat ini kepengurusan HKTI pusat masih demisioner. Maka sembari menunggu rekonsiliasi kepengurusan ditingkat pusat yang pernah terpecah, pembenahan struktur organisasi kepengurusan ditingkat daerah se Indonesia secara simultan akan terus dilakukan.

Selaku Ketua HKTI Sukoharjo yang baru, Purwadi berharap kepada pengurus tingkat kecamatan periode 2020-2025  yang baru saja dilantik, sesegera mungkin dapat mengimplentasikan tugas - tugasnya sebagai pengurus tingkat kecamatan.

"Jadi harus dapat bersinergi dengan masyarakat, dalam hal adalah masyarakat petani di wilayah masing - masing. Bisa saja memberikan informasi, atau kita yang meminta informasi tentang persoalan yang dihadapi petani, khususnya menyangkut bercocok tanam dan pemilihan benih yang baik," ujarnya.

Menambahkan, Sekretaris HKTI Cabang Sukoharjo, Purwanto, setelah pelantikan Pimpinan Anak Cabang (PAC) tingkat kecamatan di tiga wilayah, Weru, Tawangsari dan Bulu, dalam waktu dekat akan menyusul pelantikan berikutnya hingga total 12 kecamatan yang ada di Sukoharjo.

"Ini merupakan bagian program kerja HKTI Cabang Sukoharjo untuk melebarkan sayap, dan Alhamdulillah hari ini sudah ada pelantikan pengurus tiga PAC yang dihadiri Bapak Ginting, utusan Bapak Moeldoko. Dari ketiga PAC ini otomatis akan langsung membentuk pengurus ranting atau tingkat kelurahan/desa," paparnya.

Disebutkan, pembentukan pengurus PAC oleh Purwanto akan dilakukan berdasarkan daerah pemilihan (dapil) dimana Kabupaten Sukoharjo terdiri lima dapil. Saat ini yang dilantik baru dari dapil 2 (Tawangsari, Bulu, dan Weru), sedangkan target berikutnya adalah dapil 1, Sukoharjo Kota, Nguter dan Bendosari.

"Kami target bulan Oktober mendatang semua kepengurusan hingga tingkat desa sudah selesai, sekaligus nanti kami juga akan membentuk Satgas HKTI," pungkasnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Share this Article :