Rekomendasi

Operasi Protokol Kesehatan di Solo, Seratusan Warga Kena Sanksi Bersihkan Sungai

Senin, 14 September 2020 : 16.10
Published by Hariankota
SOLO - Tindakan tegas dilakukan tim gabungan Satpol PP Solo, TNI dan Polri saat menggelar operasi yustisi protokol kesehatan. Sebanyak 120 warga didapati tidak memakai masker, atau memakai tapi asal - asalan.

Pantauan hariankota.com, atas temuan pelanggaran itu, petugas tim gabungan menghukum mereka dengan sanksi berupa membersihkan sungai.

“Ada dua lokasi operasi yustisi protokol kesehatan yang diadakan tim gabungan, yakni di Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Gatsu kawasan Ngarsapura,” ujar Sekretaris Satpol PP Solo, Didik Anggono, Senin (14/9/2020).

Warga yang terjaring saat operasi ini diberikan sanksi membersihkan sungai di tengah Kota Solo. Mereka terjaring dari dua lokasi, yakni dari Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Gatsu Total.

“Rinciannya, dari Jalan Jalan Slamet Riyadi ada 63 orang dan Jalan Gatsu ada 57 orang,” sebutnya.

Operasi yustisi protokol kesehatan kali ini merupakan yang kedua diadakan. Pijakan dasar hukumnya Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 24/2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19.

"Operasi pertama diadakan pada Jumat (11/9/2020) kemarin dengan menjaring 41 orang tidak memakai masker dihukum bersihkan sungai selama 15 menit. Ini sesuai Perwali Nomor 24/2020,” ujarnya.

Ditambahkan, operasi serupa akan terus dilakukan dengan pemilihan lokasi secara acak untuk memaksimalkan penegakan Perwali hingga warga benar - benar patuh protokol kesehatan untuk menekan laju penularan virus.

"Jumlah warga yang terjaring pada razia kedua ini memang lebih banyak dibandingkan pada tahap pertama kemarin," pungkasnya.



Jurnalis : Sapto NugrohoEditor : Mahardika

Share this Article :