Rekomendasi

Pemprov Jateng Gandeng Ribuan Ponpes Terapkan Kebiasaan Baru

Rabu, 23 September 2020 : 19.24
Published by Hariankota

KARANGANYAR - Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen meminta agar seluruh pondok pesantren di Jateng untuk menerapkan kebiasaan baru dan menegakkan protokol kesehatan di lingkungan ponpes dan masyarakat umum.

Agar bersama-sama seluruh  pesantren di Jateng ikut berperan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan, dan pakai masker.

"Pemerintah butuh peran kiai dan tokoh agama untuk memberikan contoh penerapan new normal," ujarnya saat memberi sambutan pada acara silaturahim di Ponpes Ilyas, Cangakan Kabupaten Karanganyar, Rabu (23/9/2020).

Selama masa pandemi covid-19 ini tidak sedikit masyarakat yang mengabaikan penerapan protokol kesehatan sehingga angka kematian akibat virus Corona kian meningkat.

Sehingga, pemerintah butuh keterlibatan berbagai pihak, terutama para kiai dan masyarakat di lingkungan pesantren untuk aktif mengajak dan mengajarkan kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan kebiasaan baru di tengah pandemi.

"Karena itu kami datang ke ponpes-ponpes. Harapannya para kiai dan masyarakat pesantren memberikan contoh kepada masyarakat. Apalagi mereka adalah panutan masyarakat, karena kalau kiai dan pesantren mengajak dan memberikan contoh penerapan protokol kesehatan, saya yakin masyarakat akan manut," jelasnya.

Kampanye pencegahan penularan covid-19 sudah digencarkan pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota, bahkan sampai kecamatan sampai ke desa, bahkan sampai ke tingkat RT/RW.

"Namun, edukasi mengenai kebiasaan baru akan lebih efektif dan mudah diterima dan dilaksanakan oleh masyarakat jika melibatkan organisasi masyarakat dan tokoh agama," tandasnya.

Reporter: Mg5
Penulis: Mg5
Editor: Gunadi

Share this Article :