Rekomendasi

Pilkada Solo,Gibran-Teguh Nomor Urut1,Bajo Nomor2

Kamis, 24 September 2020 : 20.36
Published by Hariankota


SOLO-Dengan penerapan protokol kesehatan ketat, KPU kota Solo gelar pengundian nomor urut pasangan cawali-cawawali Solo 2020 di hotel Sunan,Kamis (24/9/2020).


Pantauan di lokasi,bahwa yang boleh hadir dalam pengambilan nomor urut ini adalah pasangan calon  ditambah 1 orang LO dari masing-masing calon.Kemudian 5orang anggota komisioner KPU kota Solo,ditambah 2orang dari Bawaslu Surakarta.


Ketua KPU Solo Nurul Sutarti sampaikan selain menerapkan protokol kesehatan juga memberlakukan pembatasan bagi yang hadir. Termasuk bagi awak media yang akan meliput hanya 20 orang yang diperkenankan masuk.


"Selebihnya bisa menyaksikan melalui live streaming instagram kpusurakarta dan facebook sosialisasi KPU Surakarta,"papar Nurul,Kamis (24/9/2020).


Untuk pengambilan nomor urut paslon, KPU memberikan sedikit sentuhan budaya tradisional. Dengan meletakkan nomor urut undian di dalam padasan(gentong air).



Makna padasan sendiri, sebagai simbol agar masyarakat senantiasa menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan.Bahwa jaman dahulu,padasan digunakan nenek sebagai tempat menampung air untuk mencuci tangan yang biasanya diletakkan didepan rumah.


Sebelum melakukan pengambilan nomor urut,masing-masing calon wakil walikota mengambil salah satu dari 9 botol handsanitazer yang didalamnya diisi nomor yang nantinya digunakan untuk urutan mengambil nomor undian.


Teguh Prakosa mendapatkan nomor urut 1,sedangkan FX Suparjo mendapat angka 6.Dengan begitu giliran pertama yang mengambil nomor urut adalah paslon Gibran-Teguh, baru kemudian paslon Bajo.


Saat pengambilan nomor dilakukan dan masing-masing paslon sudah membawa gulungan,kemudian secara bersama-sama membukanya. Hasilnya paslon Gibran-Teguh  mendapatkan nomor urut 1 sedangkan paslon Bagyo Wahyono-FX Suoarjo mendapatkan nomor urut 2.


"Nomor satu atau dua sama baiknya,1,2sama-sama baik,"papar Gibran.


Sementara Bagyo Wahyono mensyukuri dirinya mendapat nomor urut dua. Dimana  nomor urut 2 merupakan lambang victori (kejayaan).


"Nomor dua kan lambang Victory,kejayaan,"pungkasnya.


Reporter: Mg5
Penulis:Mg5
Editor: Gunadi


Share this Article :