Rekomendasi

Relawan Solo Hebat Jaring Aspirasi Pengrajin Batik Tradisional

Selasa, 01 September 2020 : 14.26
Published by Hariankota
SOLO - Tampung keluhan pengajin batik tradisional di tengah pandemi Covid-19, relawan Solo Hebat (Sobat) gelar Sarasehan Pengrajin Batik di pusat batik Kota Solo yang terletak di Kecamatan Laweyan.

Koordinator Relawan Solo Hebat Kecamatan Laweyan, Indra Kurniawan mengatakan, masyarakat harus berperan serta lestarikan kerajinan batik sebagai salah satu warisan  budaya adiluhung yang harus terus dijaga keberadaanya.

"Saat ini kondisi pengrajin batik sedang terpuruk. Mereka terkendala modal dan juga pemasaran," jelasnya Senin (31/8/2020) malam.

Untuk itulah relawan Solo Hebat turun untuk menerima dan menyatukan aspirasi para pengrajin dalam rangka memperkuat ketahanan industri rumahan yang memproduksi batik, dan meningkatkan produksivitas para pengrajin.

"Penguatan unsur budaya dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Solo menjadi salah satu konsentrasi relawan untuk menjaga ciri khas kota budaya yang melekat," lanjutnya.

Pasalnya pelestarian budaya yang sudah berjalan selama ini, perlu diperkuat lagi ketahanannya menghadapi arus perubahan sosial yang  begitu cepat.

Tokoh Relawan Solo Hebat Kecamatan Laweyan, Jody Wibowo menambahkan kegiatan sarasehan itu untuk menyatukan pemikiran para pengrajin agar membentuk aspirasi yang saling mendukung agar bisa diperjuangkan bersama.

"Para pengrajin batik harus dipastikan tetap berjalan dan menjadi perhatian pemerintahan yang baru, yang akan terpilih pada pilkada Desember nanti," imbuhnya.

Senada dengan keduanya Koordinator Relawan Solo Hebat Kota Solo, Magda Blegur menyatakan sejak awal gerakan kerelawanan yang dibanguan kawan-kawan muda melalui Sobat, berkomitmen bersinergi dengan semua pihak untuk mengawal aspirasi masyarakat untuk berjuang bersama Gibran-Teguh.

"Termasuk menerima aspirasi dari berbagai masyarakat apa yang menjadi harapan dan kendala. Termasuk salah satunya pengrajin batik," ucap Magda.


Reporter: Hani
Penulis: Hani
Editor: Gunadi


Share this Article :