Rekomendasi

Sah! Pleno Tertutup KPU Sukoharjo Tetapkan Dua Paslon Peserta Pilkada

Rabu, 23 September 2020 : 17.35
Published by Hariankota
SUKOHARJO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo resmi menetapkan pasangan Etik Suryani - Agus Santosa (EA) dan Joko Santosa - Wiwaha Aji Santosa (JosWi) sebagai Cabup dan Cawabup di Pilkada 9 Desember mendatang.

Keputusan penetapan ini disampaikan setelah dilaksanakan rapat pleno yang diadakan tertutup dan disiarkan secara live streaming di Kantor KPU Sukoharjo, Jalan Diponegoro, Joho, Rabu (23/9/2020).

“Ada dua pasangan yang ditetapkan dalam rapat pleno tertutup,” terang Ketua KPU Solo, Nuril Huda kepada hariankota.com dan awak media lain.

Dijelaskan, dalam rapat pleno diakui tidak mengundang kedua pasangan Cabup dan Cawabup maupun timses masing - masing. Mekanisme rapat pleno hanya dihadiri lima komisioner KPU dan anggota internal KPU.

"Dasar hukum yang digunakan adalah perubahan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 9 tahun 2020," terang Nuril.

Diketahui, semula KPU sudah mendistribusikan undangan kepada masing - masing Cabup dan Cawabup beserta timses serta Liaison Officer (LO)nya, namun setelah ada perubahan PKPU Nomor 9 tahun 2020, undangan kemudian direvisi.

Meskipun tertutup, pleno penetapan dijelaskan Nuril, juga diumumkan secara luas melalui website KPU Solo. Rencananya, pasangan Cabup dan Cawabup akan diberikan Surat Keputusan (SK) penetapan calon paling lambat diberikan sehari setelah rapat pleno penetapan.

“Kedua pasangan calon nanti akan kami berikan SK (surat keputusan) penetapan calon dengan memberikannya langsung pada masing - masing paslon,” katanya.

Setelah SK penetapan calon diberikan, KPU akan melanjutkan pada tahapan pengundian nomor urut pada Kamis (24/9/2020) besuk dengan mekanisme rapat pleno terbuka. Namun syarat maksimal yang diijinkan hadir per paslon 15 orang, terdiri paslon, tim pemenangan, pimpinan parpol dan LO.



Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :