Rekomendasi

Tegas, di Sukoharjo 46 Orang Pelanggar Protokol Kesehatan Kena Denda Rp. 50 Ribu

Rabu, 16 September 2020 : 14.59
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sedikitnya 46 orang terkena sanksi membayar denda Rp. 50 ribu akibat tidak memakai masker saat berada diluar rumah. Mereka terjaring operasi penegakan protokol kesehatan Covid-19 di jalan raya depan Balai Desa Wirun, Mojolaban, Sukoharjo, Rabu (16/9/2020).

Dalam operasi ini, petugas gabungan Satpol PP Sukoharjo, Polisi, TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Keuangan serta Bagian Hukum Pemkab Sukoharjo memeriksa tanpa kecuali setiap pengguna jalan yang melintas di jalan raya tersebut.

Selain sanksi membayar denda, dalam operasi yang berlangsung hampir dua jam ini beberapa juga ada yang mendapat sanksi hukuman sosial berupa membersihkan jalan, halaman kantor layanan umum dan kamar mandi.

"Kami menindak 101 orang. Terdiri 52 orang dikenai sanksi hukuman sosial, 46 orang mendapat sanksi denda masing - masing Rp. 50 ribu, dan 3 orang melarikan diri dengan meninggalkan KTP," kata Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo kepada hariankota.com.

Dikatakan, penerapan sanksi tegas mulai dilakukan dengan tujuan untuk menyadarkan masyarakat agar ikut berperan serta mengendalikan dan menurunkan tingkat penyebaran Covid-19 di Sukoharjo.

"Sebelumnya beberapa waktu lalu, kami sudah sering melaksanakan operasi simpatik pembagian masker sekaligus sosialisasi protokoler kesehatan, namun masyarakat rupanya tetap saja kurang sadar dan masih mengabaikan protokoler kesehatan," ungkap Heru.

Ditambahkan, dari operasi gabungan dengan pemilihan lokasi secara acak dan pemberian sanksi tegas ini, diharapkan dapat menekan laju penyebaran Covid-19. Selain itu juga sebagai sarana edukasi kepada masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan dengan benar dan baik.

"Jadi meskipun memakai masker tapi cara memakainya tidak benar, yaitu harus menutup dagu sampai hidung, maka bila tidak seperti itu tetap dikenai tindakan atau sanksi denda," pungkasnya. 



Jurnalis : Sapto Nugroho Editor : Mahardika

Share this Article :