Rekomendasi

Tertunda Enam Bulan, Wisuda UVBN Akhirnya Digelar Drive Thru

Selasa, 15 September 2020 : 14.48
Published by Hariankota

SUKOHARJO - Sebanyak 288 mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara (UVBN) Sukoharjo mengikuti wisuda kelulusan di tengah pandemi Covid-19. Kali ini berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya, pelaksanaan wisuda digelar secara drive thru.

Rektor UVBN Ali Mursyid WM mengatakan, prosesi wisuda tetap digelar sebagai bentuk apresiasi terhadap mahasiswa. Sebab mereka mampu merampungkan proses perkuliahan meski menjelang masa akhir studi ada wabah virus corona.

"Jadi ini, selama empat bulan sejak awal pandemi, kami berpikir bagaimana melaksanakan wisuda tapi bukan dengan cara online (daring). Karena kalau online setelah kami amati, ternyata kurang khidmat," kata Rektor, 
kepada hariankota.com disela acara wisuda di kampus setempat, Srlasa (15/9/2020).

Selain itu, tuntutan akan rasa  kebanggaan dan kepuasaan para  wisudawan dan keluarga yang ingin hadir mengantar langsung juga menjadi pertimbangan keputusan pelaksanaan wisuda Periode Maret 2020 ini dengan konsep drive thru.

"Sehingga kami konsep acara ini, dan sebelum pelaksanaan terlebih dulu juga dikonsultasikan dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sukoharjo, dan Alhamdulillah mendapat rekomendasi dapat dilaksanakan," ungkap Rektor.

Dalam prosesi wisuda sendiri, hampir seluruh rangkaian kegiatan diikuti dengan protokol kesehatan yang ketat. Seperti wajib memakai alat pelindung diri seperti masker, face shield, dan hand sanitizer.

Tak hanya itu pihak kampus juga mengatur alur masuk kendaraan wisudawan dengan menyemprot disinfektan sebelum masuk area kampus. Pengaturan itu dilakukaan agar tak terjadi kerumunan dan sterilisasi.

Setelah itu, satu persatu kendaraan yang ditumpangi wisudawan dan keluarga disambut oleh sejumlah petugas.

Hanya wisudawan yang diijinkan turun dari kendaraan untuk mengikuti prosesi pemindahan tali toga oleh Rektor dari sebelah kiri ke kanan, selanjutnya menerima ijazah dan kembali masuk ke dalam mobil.

"Kegiatan wisuda drive thru ini kami bagi menjadi tiga sesi dalam satu hari. Sesi pertama 61 wisudawan, sesi kedua juga 61, dan terakhir sesi tiga sebanyak 166 wisudawan. Nanti rencananya Oktober kami juga akan menggelar wisuda lagi," imbuhnya.

Salah satu wisudawan dari Prodi Pendidikan Matematika FKIP,  Nuha Puspaningtyas mengaku antusias dengan pelaksanaan wisuda drive thru. 

Sebab, momen ini tentu akan selalu dikenangnya.

"Saya mendukung wisuda dengan cara ini, daripada nggak sama sekali. Meskipun kegembiraannya tidak sama seperti wisuda biasanya, tapi ini lebih baik daripada wisuda dengan cara daring dari rumah. Walaupun harus mengikuti aturan protokol kesehatan, tapi saya dan keluarga yang ikut sangat senang," pungkasnya.

Reporter: Sapto Nugroho
Penulis: Sapto Nugroho
Editor: Rahayuwati


Share this Article :