Rekomendasi

Warga Buleleng Makin Disiplin Terapkan Penerapan Prokes

Senin, 28 September 2020 : 23.45
Published by Hariankota


BULELENG-Sejak diberlakukannya peraturan wajib masker pada Senin(7/9/2020) lalu,Tim Gabungan SatpolPP,TNI,dan Polri di kawasan Kota Singaraja rutin menggelar operasi masker.Tujuannya untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes). Selama pelaksanaan operasi masker masyarakat semakin disiplin untuk menggunakan masker. 


"Melihat hal itu menandakan, kesadaran masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan dalam aktifitas sehari-hari mulai meningkat,"jelas Sekda Buleleng selaku Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan(GTPP)covid-19 Kabupaten Buleleng Gede Suyasa saat ditemui di Ruang Kerjanya,Senin (28/9/2020).


Dengan penurunan jumlah masyarakat yang terjaring operasi gabungan, berarti masyarakat bertambah kesadarannya untuk menerapkan prokes saat beraktivitas. Meski begitu masih ada beberapa masyarakat belum menyadari sepenuhnya untuk menggunakan masker. 


“Ini perlu upaya intensif dari kita supaya bisa meyakinkan masyarakat bahwa Peraturan Bupati dan Peraturan Gubernur itu berlaku,berjalan dan diterapkan oleh seluruh lapisan masyarakat,”ucapnya.


Kedisiplinan masyarakat dalam menggunakan masker berperan penting dalam penurunan kasus positif covid-19 di Kabupaten Buleleng akhir-akhir ini.


"Selama peraturan wajib masker diterapkan, terjadi penurunan kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Buleleng,"lanjutnya.  


Senada dengan Suyasa,Kepala Satuan Polisi Pamong Praja(Satpol PP)Buleleng I Putu Artawan mengungkapkan secara umum di Kabupaten Buleleng masyarakat sudah mulai tertib dalam penggunaan masker. 


"Dalam operasi gabungan wajib masker yang dilakukan beberapa hari terakhir,minim pelanggar,"imbuhnya. 


Dari seratus orang yang dihentikan saat operasi gabungan penggunaan masker,paling hanya satu yang tidak menggunakan masker. Masyarakat yang terjaring operasi gabungan sebagian besar karena penggunaan masker yang kurang tepat.


“Sesuai dengan aturan kan penggunaan masker menutupi hidung,mulut sampai dagu,tapi kadang-kadang maskernya tidak menutupi hidung. Namun kami tidak kenakan denda, hanya kami beri tahu agar menaikkan masker sampai menutupi hidung,” imbuhnya.


Reporter: Made Sugandha
Penulis: Made Sugandha
Editor:Gunadi

Share this Article :