Rekomendasi

Buleleng Satu-satunya Kabupaten Yang Berstatus Zona Kuning Covid-19

Kamis, 29 Oktober 2020 : 19.06
Published by Hariankota


BULELENG
- Sampai hari ini, tercatat  Kabupaten Buleleng menjadi satu-satunya kabupaten di Bali yang masuk zona Kuning penyebaran covid-19. 


Artinya, di Buleleng merupakan suatu daerah yang beresiko ringan terkait penyebaran covid-19.


Status Kabupaten Buleleng sebagai daerah zona kuning dan merupakan satu-satunya kabupaten/kota di Bali berdasarkan laporan harian zonasi oleh Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19  Provinsi Bali yang juga Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali I Made Rentin.


“Mudah-mudahan status ini berlanjut dan Buleleng segera keluar dari pandemi covid-19,” ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19, Putu Agus Suradnyana,  Kamis (29/10/2020). 


Putu Agus Suradnyana yang juga

Bupati Buleleng  sebut pencapaian status zona kuning ini tidak terlepas dari kerja sama semua pihak.


Dimana edukasi pada masyarakat terus dilakukan. Utamanya memberikan pemahaman tentang pentingnya disiplin penerapan protokol kesehatan (prokes). 


"Sehingga edukasi sangatlah penting,  untuk menggunakan masker,  cuci tangan, maupun menjaga jarak," lanjutnya. 


Dukungan penuh untuk upaya penanganan pandemi covid-19 juga datang dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Buleleng. Khususnya dari TNI dan Polri.


Kemudian, Satpol PP Buleleng juga bekerja sangat keras untuk edukasi penerapan prokes. Termasuk desa adat yang terus turun memberikan edukasi prokes.


Sehingga, kegiatan-kegiatan yang berdekatan dengan aktivitas di masyarakat seperti tajen (sambung ayam) dan hal-hal adat bisa diatur dengan baik.


“Dan sekarang kita bisa lihat hasilnya. Jadi, semua upaya dapat dilakukan dengan baik serta hasilnya sekarang Buleleng masuk zona kuning,” ucap Agus Suradnyana.


Agus Suradnyana pun meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk tidak berbangga hati dengan status Buleleng di zona kuning ini. Ini disebabkan ancaman covid-19 masih terus terjadi. 



Jurnalis : Kom
Editor : Mahardika

Share this Article :