Rekomendasi

Demo Di Yogya Membara,Tolak UU Cipta Kerja

Kamis, 08 Oktober 2020 : 18.18
Published by Hariankota


YOGYAKARTA-Kericuhan terjadi saat aksi unjuk rasa menolak pengesahan UU Cipta Kerja di Jalan Malioboro, Yogyakarta.


Kobaran api menyala hebat di lantai dua restoran yang berada di samping kanan Gedung DPRD DIY.


Belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun, ditengarai akibat lemparan molotov yang dilakukan kerumunan massa.


Begitu juga perkantoran wakil rakyat, DPRD DIY. Mesti tidak terjadi pembakaran, namun pecahan kaca berhamburan di lantai satu dan dua, karena lemparan batu yang dilakukan massa berbagai elemen. Mereka dari aktivis mahasiswa, pelajar, hingga kalangan buruh yang ada di Kota Gudeg Yogyakarta.



Tembok dinding depan Gedung DPRD DIY juga dicorat coret dengan cat semprot dengan tulisan tak senonoh. Coretan itu melampiskan kebencian pada rezim pemerintah yang berkuasa saat ini. Mosi tak percaya pada legislator juga tersirat dalam aksi ini.


Beberapa petugas kepolisian juga tak luput dari amukan massa. Mereka mendapat lemparan baru hingga ada yang terluka akibat aksi demo yang semula damai.Tembakan gas air mata dilakukan untuk menghalau massa yang mulai tak terkendali.


Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yuliana sempat menemui massa, sebelum keciruhan terjadi.Politisi PKS ini didampingi beberapa anggota dewan dari Partai Demokrat.


Namun, dari belakang massa aksi, justru melempar batu hingga mengenai aparat kepolisian yang berada di lokasi.


Bentrok fisik massa dan aparat terjadi sekira pukul 13.10 WIB. Beberapa massa yang ditengarai menyulut provokasi diamankan polisi. Polisi huru hara yang bersiaga segera merapat di garda depan massa aksi.



Berhamburan dan panik terjadi di sekitar kawasan Jalan Malioboro Yogyakarta.Pemilik toko yang berada tak jauh di kawasan itu seketika menutup dagangannya.Keadaan mencekam karena terjadi benturan antara massa dan aparat kepolisian.


Jalur menuju Jalan Malioboro segera ditutup dan di jaga ketat aparat kepolisian. Sekira pukul 15.00 WIB, lantai dua ruko yang dijadikan restoran di sisi selatan DPRD DIY terbakar.


Sebelumnya, aksi demo dilakukan massa berbagai kalangan ini di bunderan UGM Yogyakarta. Usai melakukan orasi silih berganti, mereka berjalan menuju Gedung DPRD DIY, Jalan Malioboro Yogyakarta dengan pengaman ketat pihak kepolisian.


Reporter: Danang Prabowo
Penulis: Danang Prabowo
Editor: Gunadi


Share this Article :