Rekomendasi

Disdagkop UKM Sukoharjo Buka Pendaftaran Bantuan Modal UMKM Tahap 2

Senin, 19 Oktober 2020 : 16.41
Published by Hariankota


 SUKOHARJO - Setelah tahap 1 ditutup, pemerintah pusat kembali membuka pendaftaran bantuan untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tahap 2. Pendaftaran bantuan modal usaha Rp 2,4 juta dibuka hingga 26 November mendatang.


"Bantuan bagi pelaku usaha mikro saat ini mulai dibuka kembali setelah tahap 1 ditutup 14 September lalu," kata Kepala Dinas Perdagangan Koperasi (Disdagkop) UKM Sukoharjo, Sutarmo kepada hariankota.com, Senin (19/10/2020).


Untuk tahap 1 tersebut, total pelaku UMKM Sukoharjo yang mengajukan stimulus bantuan modal Rp 2,4jt mencapai sebanyak 101.747 orang. Dari jumlah itu sekira 10 ribu pelaku UMKM dinyatakan lolos dan saat ini masih proses pencairan di Bank yang ditunjuk.


"Ternyata kuota dari pemerintah pusat masih belum mencukupi, sehingga pendaftaran tahap 2 Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) khusus Sukoharjo resmi kami buka lagi," paparnya.


Bagi pelaku UMKM yang berminat mengajukan bantuan dapat langsung mengisi data identitas dan jenis usaha melalui formulir secara online dengan mengakses link ini.


"Syaratnya yang jelas, WNI mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK), memiliki usaha mikro, bukan ASN, TNI/Polri serta bukan pegawai BUMN/BUMD. Selain itu tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR," sebutnya.


Menurut Sutarmo, bagi pelaku usaha mikro yang pernah mendaftar di tahap 1 dan belum lolos dapat mendaftar lagi. Bantuan diprioritaskan untuk usaha mikro seperti pedagang asongan, toko kelontong kecil, warung angkringan, usaha rumahan, dan yang lainnya.


“Namun begitu, untuk penentuan siapa yang lolos mendapat bantuan sepenuhnya wewenang pemerintah pusat. Kami hanya memfasiltasi pendaftaran,” terangnya.


Menurut Sutarmo, bagi pemohon bantuan modal usaha yang lolos verifikasi, nantinya akan mendapat pemberitahuan dari BRI selaku bank yang ditunjuk untuk menyalurkan bantuan. Pemberitahuan berupa SMS agar penerima bantuan datang mengurus di BRI terdekat.


“Jadi, pendaftar jangan sampai tidak mengisi kolom nomor hape karena pemberitahuan dilakukan melalui SMS. Bantuan ini merupakan program pemerintah pusat agar pelaku usaha mikro tetap produktif di masa pandemi COVID -19," pungkasnya.




Jurnalis : Sapto Nugroho
Editor : Mahardika

Share this Article :