Rekomendasi

GTPP Covid-19 Buleleng akan Lakukan Tes Swab Massal

Selasa, 27 Oktober 2020 : 21.32
Published by Hariankota


BULELENG
- Cegah penyebaran covid-19, Pemkab Buleleng melalui massal yang akan dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Buleleng, Bali lakukan tes swab massal.


"Ini menjadi instruksi untuk pelacakan secara masif. Tes swab massal akan dilakukan dengan gratis,” ujar Sekretaris GTPP Covid-19 Gede Suyasa, Selasa (27/10/2020).


 Gede Suyasa yang juga menjabat Sekda Buleleng menjelaskan pemerintah pusat melalui BNPB maupun Satgas Provinsi Bali berharap terus melakukan pelacakan secara masif dengan melakukan tes swab massal.


"Khususnya kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri yang selama ini bertugas dalam upaya-upaya pencegahan serta berinteraksi langsung dengan elemen masyarakat," paparnya. 


Saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan pihak provinsi dan dipersilakan untuk mengatur jadwal. Karena akan ada ribuan spesimen yang diambil dan dites di lab RSUP Sanglah. 


Selain di RSUP Sanglah, juga disiapkan lab PCR di RSUD Buleleng. Pembangunan fisiknya akan selesai dalam waktu satu minggu. Pengaturan alat akan menghabiskan waktu satu hari. Setelah itu, sudah bisa beroperasi mengetes spesimen swab.


"Namun, kapasitasnya masih terbatas. Hanya 45 tes per hari. Sisanya dibawa ke RSUP sanglah,“ ucap Gede Suyasa.

 

Gede Suyasa mengatakan, penentuan jadwal juga sangat penting untuk diperhitungkan. Mengingat akan ada ribuan spesimen. Di sisi lain, petugas yang mengambil spesimen tes swab jumlahnya terbatas. Termasuk bahan dan alat yang digunakan untuk pengambilan spesimen. 


 “Penjadwalan menjadi hal penting untuk disusun melihat dari jumlah petugas dan bahan yang akan digunakan,” kata dia.


Gede Suyasa menambahkan, ada kemungkinan tes swab massal dilakukan juga kepada masyarakat. Menunggu petugas pengambilan spesimen selesai melaksanakan tugasnya. 



Jurnalis : Kom
Editor : Mahardika

Share this Article :