Rekomendasi

Kereta Listrik Hubungkan Yogyakarta Solo

Selasa, 06 Oktober 2020 : 11.37
Published by Hariankota
MADIUN - PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) komuter Yogyakarta-Solo dalam waktu dekat. Selama ini, rute itu masih menggunakan Kereta Rel Diesel (KRD) Prambanan Ekspres (Prameks).

"Dibandingkan KRD, KRL memiliki banyak keunggulan," kata General Manager PT Industri Kereta Api (GM PT INKA), Junaidi saat menerima kunjungan Komisi A DPRD DIY, Sekretariat DPRD DIY dan sejumlah wartawan di kantornya, Senin, 5 Oktober 2020.

Junaidi merinci keunggulan KRL dibanding KRD yang selama ini sudah dioperasional. Keunggulan itu mulai dari bobot kereta yang jauh lebih ringan, perawatan lebih mudah karena komponen lebih ringkas, hingga efisien dan ramah lingkungan serta minim polusi udara karena menggunakan tenaga listrik, bukan solar.

Junaidi juga menyampaikan KRL bisa melintasi rel kereta melayang, karena beratnya hanya sekitar 25 ton, sementara KRD bisa mencapai 60 ton. Pihaknya masih melakukan renovasi beberapa gerbong KRL yang nantinya bakal dioperasinalkan pada November 2020 nanti.

Rombongan diajak melihat secara langsung proses pembuatan kereta api di Kota Madiun, Jawa Timur ini. Bahkan, pabrik kereta api ini juga mengekspor kereta api ke beberapa negara tetangga, seperti Banglades, Filipina, Malaysia, Singapura hingga Australia.

"Pabrik kereta api ya di sini (Madiun), kita mengembangkan lokasi di Banyuwangi, karena lokasi di sini kurang luas," katanya.

Sekretaris Komisi A DPRD DIY Retno Sudiyanti menyambut baik setelah mendapat informasi secara rinci. Masyarakat perlu mengetahui detail terkait moda transportasi yang bakal beroperasi di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

"Kita harus bangga, karena PT INKA bukan hanya memproduksi kereta api untuk dalam negeri, ternyata mampu ekspor," katanya.

Tak hanya memproduksi ketera api, PT INKA juga mengembangkan alat transportasi lain, Bus Listrik. Bus listrik itu juga bakal diluncurkan dalam waktu dekat. (*)


Jurnalis : Danang
Editor : Mahardika

Share this Article :