Rekomendasi

KPU: Penyandang Disabilitas di Bantu Pendamping Saat Gunakan Hak Pilih

Kamis, 22 Oktober 2020 : 19.54
Published by Hariankota


JAKARTA-Penyandang  disabilitas dapat dibantu oleh pendamping, dalam menggunakan hak pilih di pemilihan umum (Pemilu). Hal tersebut disampaikan Pelaksana Harian Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ilham Saputra.


Hal tersebut jelas dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 3 2019 pasal 43,tentang pemberian bantuan pendamping untuk penyandang disabilitas selama melakukan pemilihan umum (Pemilu).


Untuk pihak pendamping dapat berasal dari anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), atau orang lain atas permintaan pemilih yang bersangkutan.


“Pemilih tunanetra dalam pemberian suara Pemilu  dapat menggunakan alat bantu tunanetra yang disediakan,” kata Ilham dalam keterangannya, Kamis (22/10/2020).


Cara pemberian bantuan terhadap pemilih disabilitas dilakukan sebagai berikut:


* bagi pemilih yang tidak dapat berjalan, pendamping yang ditunjuk membantu pemilih menuju bilik suara, dan pencoblosan surat suara dilakukan oleh pemilih sendiri.


• bagi pemilih yang tidak mempunyai dua belah tangan dan tunanetra, pendamping yang ditunjuk membantu mencoblos surat suara sesuai kehendak Pemilih.


• pendamping yang ditunjuk membantu pemilih wajib merahasiakan pilihan pemilih yang bersangkutan, dan menandatangani surat pernyataan dengan menggunakan formulir Model C3-KPU.


Beberapa regulasi yang memudahkan penyandang disabilitas dalam Pemilu juga dijabarkan dalam beberapa pasal berikut:


Pasal 13 ayat (2) PKPU No 3 Tahun 2019


Pengumuman dan penyampaian pemberitahuan pemungutan suara Dalam Formulir C6-KWK (Surat Pemberitahuan Pemungutan Suara kepada Pemilih) harus disebutkan adanya kemudahan bagi penyandang disabilitas dalam memberikan suara di TPS.


Pasal 38 ayat (2) PKPU No. 3 Tahun 2019


Pemilih Disabilitas Didahulukan Memberikan Suara Ketua KPPS dapat mendahulukan Pemilih penyandang disabilitas, ibu hamil atau orang tua untuk memberikan suara atas persetujuan Pemilih yang seharusnya mendapat giliran sesuai dengan nomor urut kehadiran Pemilih tersebut.


Pasal 28 ayat (10) PKPU No. 3 Tahun 2019


Pemilih Disabilitas Belum Terdaftar apabila terdapat Pemilih tambahan penyandang disabilitas yang belum terdaftar dalam formulir Model A.4-KPU, anggota KPPS Kelima menuliskan nama Pemilih tersebut sesuai KTPel atau identitas lainnya, dan melengkapi pada kolom jenis disabilitas pada formulir Model C7.DPTb-KPU.


Pasal 226 ayat (1) dan ayat (2) PKPU No. 3 Tahun 2019


Template surat suara pemilih tunanetra dalam memberikan suara di TPS dapat menggunakan alat bantu tunanetra yang disediakan oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota, yaitu berupa template surat suara.


Reporter: Made Suganda

Penulis: Made Suganda

Editor: Gunadi


Share this Article :