Rekomendasi

Muhammadiyah Karanganyar Siap Mendirikan Perguruan Tinggi

Sabtu, 03 Oktober 2020 : 20.54
Published by Hariankota
KARANGANYAR  – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar, berencana membangun perguruan tinggi di Kabupaten yang berjuluk Bumi Intan Pari. Segala sarana dan prasarana sudah disiapkan, termasuk menyiapkan lahan untuk lokasinya. 

Ketua PDM Karanganyar, Samsuri sampaikan terkait program bidang pendidikan, selain melanjutkan penambahan amal usaha pendidikan, juga meningkatkan prestasi akademik. Termasuk  mendirikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

"Selama ini Muhammadiyah sangat concern dengan dunia pendidikan," jelas Samsuri, Jumat (2/10) kemarin.

Ditambahkan Samsuri potensi di  Karanganyar sangat cukup untuk mendirikan universitas. Ada beberapa pilihan terkait pendirian perguruan tinggi.  Apakah nantinya akan mandiri (berdiri sendiri)  merintis dari awal atau nanti akan  bergabung dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang sudah ada.

Artinya nanti menjadi kampus UMS di Karanganyar. Padahal SDM yang dimiliki PDM Muhammadiyah Karanganyar juga sudah memenuhi sudah banyak yang lulus  jenjang S2.

"Namun kita lebih  cenderung memilih  mandiri karena PDM Karanganyar ingin mengelola secara mandiri. Sebab kalau gabung itu kan mahasiswanya dari UMS tapi (lokasi) kuliah di Karanganyar," imbuhnya.

Karena di Kabupaten Karanganyar sendiri juga  akan berdiri kampus UNS, IAIN,  maka hal tersebut dan semakin mendorong PDM Muhammadiyah untuk mendirikan universitas.

"Apakah bentuknya nanti mulai dengan sekolah tinggi, atau institut atau langsung universitas masih akan diputuskan nanti.
Terlebih lagi perguruan tinggi di bidang kesehatan juga sangat menjanjikan, bisa untuk memenuhi kebutuhan RS PKU Muhammadiyah sendiri," pungkasnya.



Jurnalis : Dita
Editor : Mahardika

Share this Article :