Rekomendasi

Muswil Dekopin Bali 2020 Tekankan Koperasi Berperan Penting Meningkatkan Ekonomi Rakyat

Jumat, 09 Oktober 2020 : 21.13
Published by Hariankota


DENPASAR-Musyawarah Wilayah (Muswil) Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Provinsi Bali Tahun 2020 diikuti Muswil kali ini 83 peserta terdiri dari unsur pelindung,Dekopin Pusat,dan unsur Dekopin seluruh Bali. 


Sesuai dengan UU nomor 25 Tahun 1992 mengamanatkan bahwa koperasi di dorong untuk berperan untuk memajukan ekonomi kerakyatan sekaligus meningkatkan ekonomi rakyat kecil. 


Peran dalam memajukan peran koperasi dalam membina dan melakukan pendampingan terhadap anggota yang ada. Dengan adanya atau terbentuknya susunan kepengurusan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) disatu wilayah maka diharapkan mampu menjadi lembaga yang memiliki wewenang untuk dapat berperan menegur bagi nya yang nakal dan berjalan diluar aturan.


Plt. Dekopin Wilayah Bali I Wayan Sarna mengatakan bahwa pelaksanaan muswil dilaksanakan setelah masa jabatan Dekopin Bali sudah selesai. Sehingga perlu dilaksanakan musyawarah wilayah.


"Untuk memilih Ketua Dekopin Bali sekaligus menyusun perencanaan kegiatan koperasi selama lima (5) tahun ke depan," jelasnya, Jumat(9/10/2020). 


Dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mendorong agar seluruh sumber daya manusia yang terlibat dalam kelembagaan koperasi baik itu kepengurusan dan juga anggotanya mulai berbenah ke arah persaingan global dan penguasaan teknologi informatika sekaligus masuk ke dalam penyediaan market place.


"Mengingat persaingan transaksi jual-beli yang menggunakan sistem pembayaran online (E_Money) saat ini sudah berada pada strategi pemasaran secara online," tuturnya. 


Sehingga tidak akan ada ditemukan lagi sebuah koperasi yang menemukan kendala ditengah persaingan yang semakin keras dan berat ini. 


Selain itu koperasi merupakan salah satu lembaga keuangan yang bersentuhan langsung dengan banyak pihak dari berbagai kalangan baik mulai dari kalangan menengah ataupun bawah. 

Selain itu koperasi juga mewadahi sejumlah UMKM yang banyak bergerak dan melibatkan rakyat pedesaan. 


"Sehingga kelembagaan koperasi diharapkan mampu memberikan energi dan semangat bagi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah yang ada di seluruh Bali," imbuhnya. 


Musyawarah wilayah yang juga dihadiri Dekopin Pusat Sri Untari yang berpesan agar pemimpin Dekopin Bali yang baru dan mampu membangkitkan  gerakan koperasi dan UMKM dengan memanfaatkan peluang yang ada. 


"Selain juga dapat melakukan pembenahan ke arah yang semakin berkualitas sehingga dapat menjadi partner kerjasama yang baik bagi Pemerintah," pungkasnya.



Reporter: Made Sugandha

Penulis: Made Suganha

Editor: Gunadi


Share this Article :