Rekomendasi

Pemkab Buleleng Gandeng Aplikasi e-Semeton Untuk Pemasaran UMKM

Jumat, 09 Oktober 2020 : 18.40
Published by Hariankota


Buleleng
- Mempermudah pasaran produk Usaha Kecil Menengah (UKM) milik pelaku usaha di Buleleng, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali menggandeng aplikasi e-Semeton.


Penggunaan aplikasi e-Semeton ini mulai di disosialisasikan melalui Webinar yang diselenggarakan Pemkab Buleleng melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dagperinkop UKM) belum lama ini.


Tiga narasumber dihadirkan untuk memberikan pemaparan pada pelaku UMKM melalui Webinar. Diantaranya Ketua Dekranasda Buleleng I Gusti Ayu Aries Sujati, Kepala Dinas Dagperinkop UKM Dewa Made Sudiarta, dan CEO e-Semeton Ketut Kartika.


Selama masa  pandemi Covid-19 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, meminta pelaku usaha dan warga melakukan aktifitas jual beli melalui jaringan sosial atau online.


Salah satu tujuannya Hal ini untuk  mencegah sekaligus meminimalisir penyebaran wabah virus corona atau Covid-19.  Untuk mempermudah jangkauan jual beli ini, Pemkab Buleleng bekerja sama dengan e-Semeton untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat dan juga pelaku usaha. 


Dengan menggunakan sistem aplikasi e-Semeton, masyarakat tidak harus bertemu langsung dengan banyak orang, dan dapat menghindari kontak fisik.


Ketua Dekranasda Buleleng Gusti Ayu Aries Sujati mengatakan, langkah ini dilakukan untuk memastikan masyarakat berada di rumah, namun tetap dapat membeli kebutuhan pokok. Selain itu, platform ini juga memberikan peluang bagi pelaku usaha untuk tetap bisa berjualan.


"Pandemi ini memaksa kita untuk tidak melakukan kontak fisik secara langsung. Nah di sini lah kita, eranya revolusi industri 4.0. Bagaimana kita menerapkan teknologi yang ada, untuk pengembangan bisnis kita," paparnya.  


Dewa Made Sudiarta menambahkan  Buleleng harus melakukan transformasi dalam dunia usaha. Menurutnya, masa pandemi ini membuat pelaku usaha dan masyarakat untuk melakukan jual beli melalui sistem online. Dengan adanya program ini, Pemkab Buleleng dan pelaku usaha bisa bersinergi dengan baik.


"Peran kita adalah memasyarakatkan pemasaran secara online, sehingga produk lokal kita bisa dikenal luas. Kebetulan CEO e-Semeton menawarkan kepada kita untuk bekerja sama memberikan pemahaman kepada pelaku usaha terkait market place ini,” ujar dia.


Pemkab Buleleng melalui Dinas Dagperinkop UKM berusaha memanfaakan market place ini untuk mempermudah pelaku usaha dan masyarakat dalam melakukan aktivitas jual beli.


“Tentunya dalam aplikasi ini ada akses kemudahan bagi pelaku usaha kita untuk melakukan pemasaran. Kemudian ke depan akan ada program pendampingan untuk menguatkan kompetensi, pelatihan digital marketing dan peningkatan kualitas bagi pelaku-pelaku usaha di Buleleng,” pungkas dia. 



Jurnalis : Jum 
Editor : Mahardika

Share this Article :