Rekomendasi

Penertiban Pelanggaran APK Pilwakot Solo, Spanduk BaJo Paling Sedikit Jumlahnya

Rabu, 14 Oktober 2020 : 19.31
Published by Hariankota

 


SOLO - Masa kampanye Pilwakot Solo sudah berjalan beberapa hari, namun begitu masih banyak temuan Alat Peraga Kampanye (APK) calon walikota-calon wakil walikota yang terpasang di sejumlah sudut jalan tidak sesuai ketentuan.


Pantauan hariankota.com, baik APK pasangan calon (paslon) Gibran Rakabumng Raka -Teguh Prakosa (Gibran-Teguh) dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (BaJo) terpasang tidak sesuai ketentuan dalam hal desain dan titik pemasangannya.


Atas temuan pelanggaran itu, sebanyak  50 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Solo diterjunkan menyisir sejumlah kawasan untuk melakukan penertiban.


"Penertiban berlangsung dua hari, dari Selasa (13/10/2020) kemarin dan Rabu ini," terang Kepala Satpol PP Kota Solo, Arif Darmawan kepada awak media, Rabu (14/10/2020).


Dari operasi penertiban selama dua tersebut, sedikitnya 61 APK paslon berupa spanduk diturunkan lantaran melanggar Peraturan Walikota Solo Nomor 2 Tahun 2009 dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) RI Nomor 4 Tahun 2017.


"Kami tertibkan sesuai dengan regulasi yang ada. Ada yang terpasang di pohon, perempatan jalan, instansi pemerintah, rumah sakit, dan sebagainya. Itu kami turunkan," tegasnya.


Dijelaskan, selain menertibkan 61 spanduk paslon, juga ada jenis APK lain yang ikut ditertibkan. Untuk spanduk Gibran - Teguh disebutkan yang paling banyak ditertibkan.


"Sebagian besar dari pasangan calon 01 (Gibran- Teguh)," katanya sambil menyebut rinciannya, spanduk Gibran - Teguh sebanyak 58, sedangkan spanduk BaJo (paslon 02) jumlahnya hanya tiga.


Ditambahkan, sebelum melangkah melakukan penertiban APK, masing - masing perwakilan tim pemenangan kedua paslon sudah mendapat pemberitahuan terlebih dulu.


"Saat itu kami sampaikan didasarkan Perda dan Perwali, ada larangan untuk pemasangan APK di pohon, sekolah, pemerintah, perempatan. Dan mereka memahami," pungkas Arif.




Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :