Rekomendasi

Program Baru KPUD Karanganyar SIDATAN Diluncurkan

Rabu, 21 Oktober 2020 : 16.36
Published by Hariankota


KARANGANYAR
– Permasalahan data pemilih menjadi problem utama dari pelaksanaan Pilkada. Diketahui jika data pemilih cepat sekali berubah karena mengalami   perkembangan Seperti mutasi, kematian dan alih status.


Untuk mengatasi hal tersebut, KPUD Karanganyar meluncurkan program SIDATAN (Sistem Informasi Data Pemilih Berkelanjutan). 


"Sistem ini menjamin hak pemilih melaksanakan hak pilihnya dalam pemilihan umum," jelas Ketua KPUD Triastuti Suryandari saat memberikan sambutan dalam Luching Aplikasi SIDATAN di Kantor KPUD Karanganyar.


Untuk itu KPUD Karanganyar memastikan hak pemilih dalam Pemilu atau pilkada. Hak pilih menjadi kewajiban KPU untuk memenuhinya. 


"SIDATAN  merupakan ikhtiyar KPUDKaranganyar untuk menjamin setiap hak masyarakat dalam menentukan pilihannya,” ungkapnya. 


Dengan aplikasi ini, menurut Triastuti pemutakihiran data pemilih dilaksanakan berkelanjutan. Setiap bulan pihaknya akan melaksanakan pemutakhiran data pemilih.


Sementara anggota KPU Propinsi Jawa Tengah Paulus Widiyanto menambahkan di Indonesia dalam pemilu, data pemilih menggunakan sistem foto registration. 


Hal ini berbeda, jika di Amerika Serikat yang menggunakan data kependudukan. Sehingga dengan sistem foto registration maka pemutakhiran data pemilih terus dilakukan. 


Misalnya mutasi,  lahir, kematian ini juga kadang tidak dilaporkan sehingga hal ini membuat di data kependudukan masih namun orangnya sudah meninggal. 


“Termasuk mutasi juga tidak diikuti administrasi sehingga hal ini menyebabkan pemilih masih terdaftar di Kabupaten A padahal sudah pindah ke Kabupaten B. Angka mutasi ini juga cukup tinggi,” tambahnya. 



Jurnalis : Dita
Editor : Mahardika

Share this Article :