Rekomendasi

Relawan Solo Hebat Gelar Pelatihan "Door to Door Champaign" Dengan Protokol Kesehatan Ketat

Sabtu, 10 Oktober 2020 : 11.07
Published by Hariankota


SOLO
-  Kondisi pandemi Covid-19 ditengah gelaran proses pilkada yang sudah memasuki masa kampanye  mengispirasi Relawan Solo Hebat (Sobat) menggelar pelatihan tentang "door to door champaign". 


Ditahun-tahun sebelumnya pesta demokrasi diwarnai dengan pengumpulan massa dan rapat terbuka. Namun adanya  pandemi Covid-19 dimana protokol kesehatan menjadi syarat utama imbasnya kampanye tidak bisa dilakukan dengan menghadirkan banyak massa. 


Relawan Solo Hebat (Sobat) yang merupakan pendukung dari paslon nomor urut 1 dalam Pilwalkot Solo, Gibran-Teguh, yang tetap mematuhi protokol kesehatan Covid 19, membuat relawan Sobat menggelar pelatihan "door to door champaign" 


"Dengan melibatkan 500  Relawan Solo Hebat (Sobat) menggelar pelatihan tentang "door to door champaign" selama tiga hari mulia 9-11 Oktober," jelas Stefanus Gusma, Ketua Pelatihan Relawan Solo Hebat, dalam siaran persnya. 


Menurut Stefanus Gusma selama pelaksanaan pelatihan juga melaksanakan protokol kesehatan ketat, menggunakan masker, faceshield dan posisi duduk juga berjarak.  

 

"Selama dua bulan ke depan, mereka inilah nanti yang akan bergerak secara masif dan kontinu ke rumah-rumah warga Kota Solo. Target cakupannya mencapai data 95 ribu rumah," paparnya. 


Selain itu tujuan pelatihan ketrampilan "door to door champaign" meliputi beberapa hal. Diantaranya mensosialisasikan Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan tanggal 9 Desember 2020. 


"Kemudian mengajak dan mendekati masyarakat untuk terlibat aktif dalam Pilkada atau Pilwalkot Solo," imbuhnya. 


Termasuk juga untuk mengenalkan visi misi pasangan Gibran-Teguh. Mengajak untuk mendukung dan datang ke TPS memilih pasangan Gibran-Teguh. 


Pelatihan door to door champaign ini, juga  untuk melakukan pemetaan politik di 5 Kecamatan di Kota Solo. Para relawan yang terlibat dalam pelatihan akan dilatih secara khusus untuk mampu melakukan itu. Mereka akan dilatih oleh ahlinya door to door champaign dari Jakarta. 


"Namun yang terpenting adalah pelatihan door to door champaign juga dimaksudkan sebagai gerakan politik riil di masa pandemi covid. Cara ini rasanya sangat efektif untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kerumunan massa," tegasnya.  


Dimana relawan yang akan bertugas dan bergerak dari rumah ke rumah di area atau sekitaran wilayah domisili masing-masing. Mereka akan dilengkapi APD pencegahan penularan covid lengkap. Face shield, masker, dan handsanitizer. Dan, dibekali dengan souvenir, stiker, kalender, dan flyer.  


Sementara, Ketua Relawan Sobat, Maria Magdalena Blegur menyampaikan, relawan Sobat yang bergerak akan dibekali surat tugas. Mereka terdiri dari para pemuda, ibu-ibu, dan orang-orang yang sungguh berkomitmen untuk memperjuangkan dan mensosialisasikan pasangan Gibran-Teguh.


"Prinsip dasar yang kita jalankan bersama adalah terciptanya Pilkada Solo yang asyik dan mencerahkan. Meningkatnya partisipasi pemilih. Dan utamanya lagi, bersama-sama kita menyerap serta mengumpulkan aspirasi masyarakat demi Kota Solo ke depan. Sesuai tagline perjuangan Sobat. Yakni, Solo Melompat Lebih Jauh," tegas politisi muda ini. 


Jurnalis : Dita
Editor : Mahardika


Share this Article :