Rekomendasi

Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law di Sukoharjo, Massa Terkonsentrasi di Dua Titik

Kamis, 08 Oktober 2020 : 23.08
Published by Hariankota


SUKOHARJO
- Ribuan masaa dari sejumlah perguruan tinggi di Sukoharjo menggelar aksi di dua titik Kabupaten Sukoharjo, Simpang Tiga Tugu Kartasura dan depan gapura kampus Universitas Veteran Bangun Nusantara (UVBN) Sukoharjo Kota, Kamis (8/10/2020).


Pantauan hariankota.com dilapangan, massa paling banyak terkonsentrasi di Tugu Kartasura yang merupakan perlintasan jalur dari Semarang dan Yogyakarta. Jumlahnya mencapai seribuan.


Padatnya massa di Kartasura mengakibatkan arus lalu lintas lumpuh total dan arus kendaran yang datang dari tiga arah, Yogyakarta, Semarang dan Solo terpaksa dialihkan ke jalur lain.


Sempat terjadi lempar-lemparan batu antara pengunjuk rasa dan petugas kepolisian. Polisi lalu menembakkan gas air mata yang membuat pengunjuk rasa berhamburan lari menghindar.


Meskipun begitu massa yang berdatangan sejak pukul 14.30 WIB hingga menjelang petang masih bertahan dan tidak berkurang jumlahnya. Bahkan saat hujan turun, mereka tidak beranjak dari lokasi.


Mereka secara bergantian berorasi menuntut dibatalknnya pengesahan Undang-Undang Omnibus Law (UU Cipta Kerja) yang dinilai sebagai bentuk penindasan terhadap rakyat.


“Kami tidak akan pulang sampai UU Omnibus Law dibatalkan. Pengesahan UU itu sangat merugikan rakyat kecil terutama buruh, maka kami lawan sampai UU Omnibus Law dibatalkan,” seru salah satu peserta unjuk rasa.


Tak seperti di sejumlah daerah lain, dalam barisan peserta unjuk rasa ini tak terlihat keberadaan panji - panji buruh yang turut menyertai. Hanya bendera merah putih dan coretan bernada protes yang mewarnai selama aksi.


Sesekali, petugas Gugus Tugas Covid-19 Sukoharjo mengingatkan peserta unjuk rasa agar tetap menerapkan protokol kesehatan melalui pengeras suara, namun justru mendapat balasan berupa sorakan dari peserta aksi.


"Jangan hanya kami saja yang diminta menjaga jarak, menerapkan protokol kesehatan. Tapi tolong kerumunan seperti di pasar - pasar, itu ditertibkan dulu," seru salah satu pengunjuk ras


Hingga sekira pukul 17.30 WIB, baik unjuk rasa di Kartasura maupun di depan gapura UVBN Sukoharjo, massa berangsur - angsur dapat dibubarkan oleh petugas keamanan gabungan.




Jurnalis : Sapto Nugroho
Editor : Mahardika

Share this Article :