Rekomendasi

Adaptasi Normal Baru, Museum Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Kembali Buka

Minggu, 08 November 2020 : 16.49
Published by Hariankota

 


SOLO -  Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat kembali membuka destinasi wisata edukasi bagi aktivitas kunjungan wisatawan. Destinasi tersebut adalah museum benda - benda bersejarah koleksi keraton yang berada di kompleks Keraton Surakarta, Baluwarti, Pasar Kliwon, Solo.


“Setelah ditutup akibat pandemi Covid-19, museum hari ini resmi dibuka kembali untuk aktivitas wisata,” kata Narso (60), salah satu abdi dalem yang juga pemandu wisata museum, Minggu (8/11/2020).


Sebelum kegiatan pembukaan kembali bagi aktivitas wisata, pengelola telah melaksanakan beberapa persiapan guna menyesuaikan protokol New Normal (normal baru-Red) untuk keamanan pengunjung dari penularan wabah Covid-19.


Setidaknya sekarang ada fasilitas untuk higienitas para pengunjung dengan empat wastafel baru tempat untuk mencuci tangan. Selain itu juga menyediakan hand sanitizer, melakukan screening suhu tubuh di pintu masuk, serta mengatur physical distancing lalu lintas pengunjung.


“Ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang dianjurkan oleh Pemerintah. Termasuk para  pengunjung wajib memakai masker selama di dalam museum,” ungkapnya.


Pantauan hariankota.com, pada pembukaan perdana yang bertepatan dengan hari libur ini, antusiasme ratusan pengunjung terlihat silih berganti secara bergelombang mulai berdatangan mengunjungi museum.


Dibagi menjadi kelompok - kelompok kecil mencegah kerumunan, mereka di pandu abdi dalem keraton memasuki ruang demi ruang mendengarkan penjelasan tentang asal muasal berbagai benda - benda yang dipajang di dalam museum.


"Seperti sebelum ada pandemi, museum hanya tutup hari Jum'at. Namun bisa saja buka setiap hari jika ada hari libur besar. Biasanya kan banyak wisatawan," ujar pria yang mengaku telah menjadi pemandu wisata museum keraton selama 20 tahun ini.


Di masa penyesuaian kenormalan baru, jam operasional Museum Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mulai buka dari pukul 09:00 WIB hingga pukul 15:00 WIB.


Sementara Kepala Museum Keraton Kasunanan Surakarta, KRA Dany Nur Adiningrat menegaskan, bahwa penerapan protokol kesehatan secara ketat bagi pengunjung merupakan upaya pencegahab agar museum tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19.


"Kami tidak mau kawasan keraton menjadi trigger, atau klaster baru penyebaran virus corona. Kunjungan tetap kami layani tapi dengan pembatasan - pembatasan untuk mencegah jangan sampai terjadi kerumunan," tandasnya.




Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :