Rekomendasi

BNPB Pantah Karhutla di Lombok Timur

Sabtu, 14 November 2020 : 22.31
Published by Hariankota


JAKARTA - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Bukit Anak Dara, Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur terus dipantau Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).


BPBD Provinsi melaporkan hingga Jumat (13/11/2020), pukul 21.00 Wita, api masih terlihat dari Desa Sembalun Lawang. 

 

Lokasi titik api yang berada di ketinggian menyulitkan petugas untuk memadamkan api. Tak hanya ketinggian, tetapi medan terjal membahayakan keselamatan petugas di lapangan.


 "Api termonitor pada Jumat (13/11/2020), sekitar pukul 15.00 waktu setempat," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangan resminya, Sabtu (14/11/2020).


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melaporkan prakiraan karhutla dipicu oleh cuaca terik di sekitar Sembalun. Pantauan sementara sekitar 3 hektar kawasan yang terbakar. Dampak kebakaran diperkirakan masih akan meluas. 


Merespons karhutla tersebut, BPBD Kabupaten Lombok Timur dan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) telah berkoordinasi untuk melakukan operasi pemadaman. Saat ini mereka terus memonitor dan melaporkan kondisi terkini. 


Kebutuhan mendesak yang diperlukan untuk pemadaman yakni penambahan personel yang bekerja di lapangan dan pemadaman melalui udara atau water-bombing. 



Reporter: Made Suganha
Penulis: Made Sugandha
Editor: Gunadi

Share this Article :