Rekomendasi

Cok Ace : Masyarakat berperan Penting Dalam Menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid 19.

Sabtu, 28 November 2020 : 21.00
Published by Hariankota


DENPASAR
- Menjadi salah satu narasumber dalam FGD yang mengangkat topik Quo Vadis Pariwisata Bali yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Jurnalis (PENA) NTT Bali, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati serukan upaya dalam membangkitkan kembali pariwisata Bali yang mendapat guncangan akibat Pandemi Covid 19. 


"Sebagai daerah yang lokomotif ekonominya berasal dari pariwisata pertumbuhan ekonomi Bali mengalami keterpurukan yang sangat mendalam hingga -12% pada triwulan ketiga tahun 2020," paparnya.  


Untuk itu berbagai langkah dan strategi disusun  dan melibatkan semua pihak baik itu pemerintah, pelaku usaha dan juga masyarakat untuk bersama sama membangkitkan kembali pariwisata Bali. 


Pemerintah, lanjut Wagub Cok Ace,  terus  berupaya meningkatkan fasilitas kesehatan yang ada seperti sarana laboratorium, ruang isolasi serta ketersediaan penunjang medis lainnya. 


Sementara dari segi pelaku usaha pariwisata secara gencar mempersiapkan pelaksanaan CHSE di objek wisata maupun akomodasi pariwisata. Disisi lain masyarakat berperan sangat penting dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid 19.


"Segala upaya dilakukan untuk menumbuhkan kepercayaan publik kepada Bali bahwasannya Bali siap menerima kunjungan wisatawan dengan penerapan protokol kesehatan sehingga wisatawan aman berwisata ke Bali," imbuhnya.  


Disamping itu, Wagub Cok Ace juga mengajak para pelaku usaha untuk terus membidik potensi dari wisatawan domestik yang cukup besar dengan mempelajari karakter pasar domestik dan mengikuti trend perkembangan pasar setelah Pandemi Covid 19 . 


Wagub Bali optimis pariwisata Bali akan bangkit kembali dengan adanya dukungan dan kerja keras  dari semua stakeholder yang bersama sama saling mendukung untuk bangkitnya pariwisata Bali. 


Sementara itu, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bali Trisno Nugroho yang juga menjadi narasumber menyampaikan berbagai langkah strategis perlu segera dilakukan untuk bisa menggerakkan perekonomian Bali selama masa pandemi.


"Salah satunya adalah membidik pasar domestik ,dimana potensi pasar domestik sangat tinggi," jelasnya. 


Untuk itu harus giat melakukan promosi serta menerapkan protokol kesehatan dengan baik sehingga menumbuhkan kepercayaan pasar domestik untuk berwisata ke Bali.  


Disamping itu , perlu dilakukan digitalisasi terhadap UMKM yang ada sehingga UMKM bisa menembus pasar yang lebih luas bahkan internasional. 


"Selain itu tenaga kerja kita juga terus dilatih dengan keterampilan sehingga siap bersaing di pasar," pungkasnya



Jurnalis : Made
Editor : Mahardika

Share this Article :