Rekomendasi

Gegara Kelapa Muda, Prajurit TNI AU Ini Justru Sukses Jadi Wirausaha

Selasa, 17 November 2020 : 21.57
Published by Hariankota


SUKOHARJO - Dari sekian banyak olahan minuman kelapa muda yang banyak dijual di berbagai daerah, ada es kelapa muda jelly D’jingga yang saat ini sukses menjadi buruan penikmat dua jenis kuliner kelapa muda dan jelly dalam satu kali santap.

Kesuksesan itu tak lepas dari ide kreatif sang pemilik, yakni Mega Untoro (41) yang saat ini masih berdinas aktif sebagai prajurit Paskhas TNI AU di Yogyakarta. Pria asli Sukoharjo ini mengkreasikan air kelapa muda dan isinya dibuat jadi olahan jelly.

Olahan kelapa muda kreasinya ini disajikan langsung di dalam batok kelapa dalam keadaan dingin menjadi hits. Sajian es kelapa jelly ini sangat memikat selera dengan kemasan rapi. Air kelapa muda dan isinya disulap menyerupai agar-agar ditambah taburan biji selasih.

Tak hanya membuat es kelapa muda jelly, ia juga memodifikasi air kelapa muda menjadi minuman kopi atau kopi degan dengan bermacam varian jenis kopi. Uniknya, kopi disajikan diatas batok kelapa yang sudah dikupas dengan tampilan menarik.

"Kegiatan wirausaha ini sudah jadi hobi saya sejak masih di bangku sekolah. Dulu berdua bersama kakak, saya pernah mengasong (jadi pedagang asongan keliling) sampai Boyolali. Meskipun jadi tentara, wirausaha tetap saya tekuni sampai sekarang," ungkap pria yang mengaku es kelapa mudanya ini pernah dicicipi Menhan Prabowo Subianto.  

Tak heran kesuksesan Mega membuat Dinas Perdagangan Koperasi (Disdagkop) UKM Kabupaten Sukoharjo tertarik mengajaknya untuk memberi memotivasi para pelaku UMKM di Sukoharjo dalam Bintek Kewirausahaan dengan tema 'Pengembangan Kewirausahaan di Era New Normal Pandemi Covid-19'.

"Hari ini kami undang perwakilan per klaster UMKM. Ada klaster makanan olahan, batik, rotan dan lain sebagainya, kami ketemukan bersama untuk mendapatkan motivasi melalui succes story dari seorang pelaku UMKM asli Sukoharjo," kata Kepala Disdagkop UKM Sukoharjo Sutarmo, usai membuka Bintek, Selasa (17/11/2020).

Kepada hariankota.com, ia mengungkapkan ingin menjadikan minuman olahan kelapa muda kreasi Mega sebagai ikon Sukoharjo. Oleh karenanya upaya itu akan dilaksanakan dengan cara memberikan sejumlah fasilitas berupa pembinaan dan kemudahan perizinan usaha agar berkembang di Sukoharjo.

"Kami juga akan memfasilitasi para pelaku UMKM yang mau bekerjasama dengan usaha olahan kelapa muda milik Mega Untoro ini. Nanti bisa saja kerjasama itu bentuknya semacam franchise atau waralaba. Termasuk kerjasama untuk pengadaan bibit kelapanya," ujarnya.

Diketahui, dalam minuman olahan kelapa jelly ini tidak menggunakan bahan-bahan pengawet, semuanya alami. Untuk kelapanya sendiri menggunakan kelapa muda yang dipilih khusus karena selain mudah dikupas juga memiliki kualitas yang cocok untuk kelapa jelly.

"Jadi ini tidak sembarang degan (kelapa muda-Red). Dia ini memang sudah pintar dan berpengalaman mengetahui mana kelapa yang bagus untuk membuat minuman kelapa muda jelly. Untuk jenis kelapanya sebenarnya bermacam- macam," pungkas Sutarmo.

Reporter: Sapto Nugroho
penulis: Sapto Nugroho
Editor: Gunadi

Share this Article :