Rekomendasi

Gelontorkan Rp 27,820 Miliar, Pemkab Sukoharjo Perbaiki 1.815 Unit RTLH

Senin, 02 November 2020 : 15.42
Published by Hariankota

 


SUKOHARJO - Pemkab Sukoharjo terus melakukan sinergi melakukan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Tiap tahun program ini dilakukan dengan menyasar Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) merata di 12 kecamatan.  


Tahun ini sebanyak 1.815 unit RTLH memperoleh bantuan rehab yang diberikan secara bertahap dengan sumber dana dari pusat, provinsi, dan juga “Corporate Social Responsibility” (CSR). Total anggaran yang digelontorkan Rp 27,820 miliar.


Pantauan hariankota.com, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya saat menyerahkan bantuan rehab RTLH tahap akhir Tahun 2020 untuk 500 unit menyampaikan, program rehab RTLH merupakan bentuk nyata kepedulian pemerintah terhadap kondisi masyarakat.


"Utamanya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) agar dapat membangun rumahnya menjadi rumah yang nyaman dan layak huni,” kata Bupati usai menyerahkan bantuan secara simbolis di pendopo Graha Satya Praja, Senin (2/11/2020).


Disebutkan, masing - masing kecamatan yang mendapat bantuan terdiri Kecamatan Weru 20 unit, Bulu 30 unit, Tawangsari 12 unit, Nguter 30 unit, Sukoharjo 30 unit, Bendosari 30 unit, Polokarto 30 unit, Mojolaban 40 unit, Grogol 175 unit, Baki 30 unit, Gatak 30 unit, dan Kartasura 43 unit.


"Bantuan rehab peningkatan kualitas RTLH ini supaya dapat dimanfaatkan dan dipelihara dengan sebaik-baiknya. Program ini akan diteruskan di tahun-tahun mendatang untuk menghapuskan keberadaan RTLH di Sukoharjo," ujar Bupati.


Sementara Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Sukoharjo, Suraji menambahkan, program peningkatan kualitas RTLH dimaksudkan untuk membantu peningkatan kualitas rumah MBR di Sukoharjo.


"Harapannya di Kabupaten Sukoharjo kedepan jumlah RTLH dapat terus berkurang atau bisa terbebas dari RTLH," ucapnya.


Menurut data Pemutakhiran Base Data Terpadu tahun 2015, Suraji mengungkap, masih terdapat 17.892 unit RTLH. Seiring berjalannya waktu pada akhir tahun 2018, masih ada 14.150 unit RTLH.


"Nilai bantuan rehab RTLH bervariasi mulai Rp 10 juta hingga Rp15 juta. Perbedaan nilai bantuan tergantung dari sumber pembiayaan, apakah dari provinsi, pusat maupun APBD kabupaten," pungkasnya.




Jurnalis : Sapto
Editor : Mahardika

Share this Article :