Rekomendasi

Klaster Baru, Satu Dusun di Ubut Bali Positif Covid-19

Senin, 16 November 2020 : 23.07
Published by Hariankota

Ilustrasi

UBUT
- Sebanyak 37 warga satu dusun di Banjar Tebongkang, Ubud, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, dinyatakan positif Covid-19. Dusun ini menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Gianyar.


Sekretaris Daerah Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya mengatakan, jumlah itu diperkirakan akan bertambah seiring keluarnya hasil tes swab penduduk dusun setempat.


"Sampai hari ini, sudah 37 warga yang terkonfirmasi positif," kata Made Gede Wisnu Wijaya, seperti dikutip hariankota.com dari Inews, Senin (16/11/2020).


Dia menjelaskan, dari hasil penelusuran, klaster itu muncul dari acara pernikahan dan upacara permakaman warga setempat. Acara itu digelar pada Oktober dan awal November.


Hingga kini, sudah 175 warga yang diambil sampel swabnya. Tes swab massal akan diperluas karena tercatat ada sekitar 430 warga yang hadir dalam dua acara tersebut.

Menurut Wijaya, meski menjadi klaster penyebaran Covid-19, dusun tersebut tidak perlu diisolasi. Namun, warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 dipastikan harus diisolasi untuk mencegah penyebaran virus Corona lebih luas.


"Kalau satu dusun diisolasi, perlu dipikirkan dampak ekonominya," ujarnya.


Dia berharap klaster di Banjar Tebongkang bisa cepat selesai, mengingat Ubud merupakan salah satu destinasi penting pariwisata Bali.

Editor: Jumali


Share this Article :